Pasien COVID-19 Tersisa 21 Kasus, Penajam Menuju Zona Kuning

Kasus positif aktif di bawah 25 kasus

Penajam, IDN Times - Kondisi terakhir pandemik COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) terus membaik. Namun wilayah yang menjadi calon ibu kota negara (IKN) masih zona oranye dari semestinya zona kuning mengingat kasus aktif hanya 21 kasus saja. 

“Dengan kondisi update kasus penanganan COVID-19 yang terus membaik saat ini, harusnya Kabupaten PPU masuk dalam zona kuning bukan tetap oranye seperti sekarang,” kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 PPU dr Jansje Grace Makisurat dalam keterangan persnya, Kamis (7/10/2021).

1. Hari ini tidak ada tambahan kasus positif aktif COVID-19 baru

Pasien COVID-19 Tersisa 21 Kasus, Penajam Menuju Zona KuningIlustrasi peta zona hijau di Kabupaten Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan)

Dibeberkannya, saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 aktif tinggal 21 orang, di mana hari ini tidak ada tambahan kasus positif baru. Semua pasien itu menjalani isolasi mandiri.

Karena kini PPU berisiko rendah penularan COVID-19. Selain itu, zona kuning angka jumlah kasus pasien positif dirawat dari 1 hingga 25 kasus sementara PPU kini sudah 21 kasus saja lagi.  

“Kami berharap Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim, dapat memperhatikan kondisi perkembangan kasus di wilayah PPU, sehingga dapat menurunkan zona di mana untuk menentukan jumlah kasus infeksi di PPU menjadi dari oranye ke zona kuning dengan alasan jumlah kasus positif aktif kini tersisa 21 kasus saja,” sebutnya.

Baca Juga: Lima Warga Diringkus Polres Penajam karena Penyalahgunaan Narkoba 

2. Kasus pasien positif sembuh capai 4.168 kasus atau 94,3 persen

Pasien COVID-19 Tersisa 21 Kasus, Penajam Menuju Zona KuningIlustrasi pasien yang berhasil sembuh dari COVID-19 (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Sementara itu, jelasnya, untuk jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 selesai isolasi atau sembuh sejak 22 Maret 2020 hingga hari ini telah mencapai 4.168 kasus atau 94,3 persen dari total keseluruhan kasus positif sebanyak 4.417 kasus secara akumulasi. Dengan total kasus konfirmasi positif meninggal tetap sebanyak 228 kasus.

“Tingkat kesembuhan pasien positif secara akumulasi secara persentase mencapai 94,3 persen atau mencapai 4.168 kasus dari total keseluruhan kasus positif sejumlah 4,417 kasus. Di mana hari ini PPU mendapatkan satu orang pasien positif sembuh selesai isolasi,” urainya.

3. Selama tiga hari terakhir seluruh kecamatan di PPU hijau COVID-19

Pasien COVID-19 Tersisa 21 Kasus, Penajam Menuju Zona KuningInfografis Update COVID-19 PPU 7 Oktober 2021 (Dok.Satgas COVID-19 PPU)

Sedangkan untuk status zona tingkat kabupaten, terang Grace, selama tiga hari terakhir ini empat kecamatan se Kabupaten PPU semua telah zona hijau, namun seharusnya tingkat provinsi PPU masuk zona kuning karena pasien positif dirawat tersisa 21 kasus saja atau di bawah angka 25 kasus.    

Ia menuturkan, untuk jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 per kecamatan secara akumulasi, untuk Kecamatan Penajam, kini masih ada enam orang positif aktif,  2187 orang sembuh dan 100 orang meninggal, lalu Waru ada dua orang positif aktif,  458 orang selesai isolasi  atau sembuh dan 23 orang positif meninggal dunia.

“Sedangkan Kecamatan Babulu terdapat delapan orang lagi masih berstatus positif aktif COVID-19, kemudian 654 orang selesai isolasi dan 50 orang telah meninggal dan terakhir yakni Kecamatan Sepaku tersisa lima orang positif aktif, 869 orang selesai isolasi atau sembuh dan 55 orang warganya yang positif meninggal dunia,” imbuhnya.

4. Jumlah pasien suspek COVID-19 bertahan capai 6.055 kasus

Pasien COVID-19 Tersisa 21 Kasus, Penajam Menuju Zona KuningRSUD RAPB PPU (IDN Times/istimewa)

Dikatakannya, untuk kasus pasien suspek COVIS-19 per hari ini tidak ada tambahan sehingga jumlah kasus secara akumulasi mencapai 6.055 kasus atau tetap seperti jumlah Rabu (6/10/2021) kemarin. Mereka tidak ada yang jalani perawatan di rumah sakit.

“Jumlah pasien suspek COVID-19 tetap sebanyak 6.055 kasus. Di mana  31 orang pasien di antaranya meninggal dengan komorbid atau penyakit penyerta. Angka 31 itu tetap bertahan sejak beberapa minggu terakhir ini,” pungkas Grace.   

Baca Juga: Perayaan HUT TNI, Warga Penajam Serahkan Tiga Pucuk Senpi

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya