Pasien Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara 10 Orang

Bertambah 1 kasus positif COVID-19 dari klaster Gowa 

Penajam, IDN Times -  Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr. Arnold Wayong, mengungkapkan, pasien positif COVID-19 di PPU saat ini berjumlah 10 orang. 

“Ada penambahan pasien terkonfirmasi swab positif corona sebanyak satu orang dengan inisial Pasien PPU 19, sehingga total pasien positif yang masih menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Butong (RAPB) PPU berjumlah 10 orang,” katanya kepada IDN Times, Minggu (17/5) di Penajam.

1. Pasien PPU 19 termasuk Klaster Gowa, berusia 33 tahun

Pasien Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara 10 OrangIDN Times, ilustrasi virus Corona

Ia menuturkan, Pasien PPU 19 ini termasuk Klaster Gowa, laki-laki berusia 33 tahun berdomisili di Kelurahan Lawe – Lawe, Kecamatan Penajam. Pasien awalnya berstatus Orang dalam Pemantauan (ODP) di Puskesmas Petung.

“Pasien PPU 19 ini rapid test-nya reaktif dan dari hasil pengambilan sampel swab- nya diterima pada Jumat, 15 Mei, terkonfirmasi positif COVID-19 dan langsung diisolasi sejak Jumat kemarin pula. Kini kondisi Pasien PPU 19 dalam keadaan stabil dan baik,” tukasnya.

Baca Juga: Sudah Meninggal, Warga di PPU Tetap Dapat Bantuan Tunai Pemerintah

2. Ada sembilan pasien dinyatakan sembuh tersisa 10 pasien lagi diisolasi

Pasien Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara 10 OrangRSUD RAPB PPU (IDN Times/ Istimewa)

Dibeberkannnya, jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 total sebanyak 19 orang. Diantaranya, sembilan pasien telah dinyatakan sembuh. Jadi, tersisa 10 pasien yang saat ini mendapatkan perawatan di RSUD PPU.

Diungkapkan Arnold, dari 10 pasien terkonfirmasi positif COVID-19  tersebut berasal dari Kecamatan Penajam sebanyak empat orang dan Kecamatan Babulu enam orang.

Sedangkan pasien yang telah dinyatakan sembuh, lima orang dari Penajam dan empat orang asal Babulu.

Sementara itu, hingga kini di Kecamatan Waru dan Kecamatan Sepaku belum ada warganya yang terkonfirmasi positif COVID-19, meskipun merata di setiap wilayah kecamatan di PPU ada kasus ODP.

3. PPU juga mendapatkan penambahan satu orang ODP hasil Rapid Test reaktif

Pasien Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara 10 OrangIlustrasi Rapid Test (Dok. Satpol PP Jakarta Barat)

Untuk diketahui, sebutnya, selain ada tambahan kasus pasien positif, PPU juga mendapatkan penambahan satu orang ODP karena hasil rapid test-nya reaktif dan terdapat gejala virus corona.

ODP ini berasal dari Kecamatan Sepaku, dan wajib melaksanakan isolasi mandiri di rumahnya dengan pemantauan puskesmas setempat.

“Bertambahnya satu ODP tersebut, maka hingga kini jumlah ODP PPU yang masih dalam proses pemantauan ada 56 orang. Sedangkan yang selesai pemantauan terdapat 160 orang dari 216 kasus ODP yang ditangani Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 PPU,” pungkas Arnold.

Baca Juga: Kabar Baik! Sembilan Pasien Positif COVID-19 di PPU Akhirnya Sembuh 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya