Pemerintah Kebut Pembangunan Istana Negara di IKN

Kejar target jelang HUT RI

Penajam, IDN Times - Pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dipercepat oleh pemerintah dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024.

Kawasan Istana Negara IKN akan menjadi simbol negara dengan desain burung garuda yang sedang mengepakkan sayapnya, karya dari Nyoman Nuarta. Proyek ini dibangun di lahan seluas 55,7 hektare dengan luas tapak 334.200 meter persegi.

"Pembangunan kawasan Istana Negara IKN juga mencakup pembangunan lapangan upacara yang terletak di depan istana. Bahkan sebagian besar bilah-bilah sayap burung garuda sudah terpasang," ujar Yoyo, seorang pekerja di IKN kepada IDN Times pada Rabu (12/6/2024) di Sepaku.

1. Pastikan pelaksanaan Upacara 17 Agustus di IKN

Pemerintah Kebut Pembangunan Istana Negara di IKNPlt. Wakil Kepala OIKN Raja Juli Antoni (IDN Times/Ervan)

Pelaksana tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni menyatakan, pemerintah mengumumkan pelaksanaan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024 akan dilaksanakan di IKN dan di Jakarta.

"Untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Upacara 17 Agustus di IKN, kami melaksanakan kunjungan kerja ke kawasan IKN ini," katanya usai membuka Seminar UMKM IKN Belajar Bersama Guru (BEGURU) di Gedung Serba Guna, Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), pada Rabu (12/6/2024).

Baca Juga: MRP Minta Diundang Jokowi untuk Ikut HUT ke-79 RI di IKN

2. HUT RI dilaksanakan di Jakarta dan IKN

Pemerintah Kebut Pembangunan Istana Negara di IKNLuhut Binsar Pandjaitan meninjau pembangunan IKN. Foto Humas OIKN (IDN Times/Ervan)

Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa untuk kegiatan perayaan HUT ke-79 RI di IKN, Otorita IKN telah menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan upacara di Ibu Kota Negara yang baru tersebut.

"Seperti yang diumumkan Menteri PMK, maka kami siap melaksanakan upacara 17 Agustus di IKN," tuturnya.

Upacara tersebut adalah upacara transisi untuk menyambut kedatangan IKN, sambil tetap memberikan penghormatan kepada Jakarta. Sehingga, upacara pada 17 Agustus 2024 nanti akan dilaksanakan di dua lokasi, yaitu di Jakarta dan IKN.

"Upacara akan diselenggarakan secara sederhana, namun penuh dengan khidmat dan kesyukuran atas kehadiran ibu kota baru," ujar Raja Juli Antoni, yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

3. Teknis upacara akan diumumkan

Pemerintah Kebut Pembangunan Istana Negara di IKNDesain Istana Kepresidenan di IKN dan Ikoniknya Garuda (Dok. Laman Kemenparekraf RI)

Raja Juli menegaskan bahwa teknis pelaksanaan upacara nanti akan diumumkan oleh Kementerian Sekretariat Negara. Hal ini termasuk apakah penaikan bendera akan dilakukan di IKN dan penurunannya di Jakarta.

Dia juga mengungkapkan bahwa hari ini ada kunjungan dari sekretaris militer dan beberapa instansi lainnya untuk meninjau kondisi lapangan. Namun, yang terakhir kali mereka lihat bersama Presiden Jokowi adalah pada minggu lalu.

"Otorita IKN akan berupaya sekuat tenaga untuk memastikan bahwa upacara 17 Agustus 2024 berjalan dengan lancar, khidmat, dan sebagai upacara transisi," pungkasnya.

Baca Juga: Bahlil Ungkap Penyebab Belum Ada Investasi Asing di IKN

Topik:

  • Zumrotul Abidin
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya