Pemkab PPU akan Bangun Akses Jalan Pendekat ke IKN

Berdampak positif bagi PPU

Penajam, IDN Times - Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) akan membangun infrastruktur jalan pendekat ke Ibukota Nusantara (IKN). 

Jalan ini akan melintasi Kelurahan Buluminung, Kecamatan Penajam, dan langsung menuju IKN di Kecamatan Sepaku.

“Akan berdampak positif pada berbagai rencana besar lainnya untuk daerah. IKN hadir di PPU bukan hanya sebagai mercusuar yang menerangi yang jauh tetapi juga bagi PPU di dekatnya,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) PPU Tohar, Selasa (6/6/2023).

1. Tingginya mobilitas sebabkan beberapa masalah

Pemkab PPU akan Bangun Akses Jalan Pendekat ke IKNAkses jalan di Pasar Sepaku kini jadi arus mobilitas material ke IKN (IDN Times/Ervan)

Dikatakannya, pembangunan IKN belakangan ini terus mengalami perkembangan yang pesat, mobilitas logistik menuju ke lokasi pembangunan IKN yang melintasi jalan-jalan provinsi melalui desa-desa di Sepaku juga alami peningkatan signifikan.

“Tingginya mobilitas tersebut tentu menyebabkan beberapa masalah baru bagi masyarakat di sana, seperti polusi, kemacetan dan lain-lain,” ucap Tohar.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya Pemkab PPU berencana melanjutkan pembangunan akses jalan dari Kawasan Industri Buluminung (KIB) menuju IKN.

Ia menerangkan, kini upaya yang dapat dilakukan oleh Pemkab PPU adalah mendukung melalui sektor logistik. Di mana salah satu dampak positif yang diharapkan adalah mendukung pembangunan sarana dan prasarana di Kabupaten PPU. 

Baca Juga: Puluhan Alat Mesin Pertanian Disalurkan kepada Petani di PPU

2. Pelabuhan Buluminung telah digunakan menghubungkan mobilitas logistik material IKN

Pemkab PPU akan Bangun Akses Jalan Pendekat ke IKNRawan jalan negara dari dan ke IKN wilayah Pemaluan - Riko karena kerap terjadi Lakalantas (IDN Times/Ervan)

Pelabuhan Buluminung telah digunakan sebagai salah satu sarana untuk menghubungkan mobilitas logistik material IKN. Oleh karena itu, pembangunan berkelanjutan di area tersebut akan dilakukan lebih lanjut.

“Namun, untuk menghubungkan ke area pembangunan fisik saat ini ada jaraknya terlalu jauh. Sehingga tahun ini kami sedang membangun jalan pendekat dari Pelabuhan Buluminung di KIB melintasi perusahaan PT Kebun Mandiri Sejahtera (KMS) hingga Kilometer 10, daerah Silkar Penajam,” ungkapnya.

Untuk diketahui, beber Tohar, jalan yang bakal dibangun itu dari Pelabuhan Buluminung ke arah simpang Silkar jaraknya mencapai lebih kurang 25 kilometer, harapannya setelah terbangun dan fungsional jalan makin mendekatkan jarak antara PPU dan IKN.

“Pelabuhan Buluminung dapat kita optimalkan sebagai sarana pendukung mobilitas logistik IKN. Mudah-mudahan dapat menjadi pusat perekonomian PPU. Di mana kini pembangunan sedang berproses,” sebutnya.

3. Mobilisasi logistik IKN diarahkan ke jalan pendekat

Pemkab PPU akan Bangun Akses Jalan Pendekat ke IKNSekda PPU, Tohar (IDN Times/Ervan)

Ia menuturkan, sebenarnya akses jalan ini sudah dibuka, namun belum sepenuhnya ditingkatkan karena ada beberapa kendala termasuk anggaran dan perencanaan. Di mana sesuai rencana pembangunan jalan itu akan mencakup jalan pendekat ke jembatan Pulau Balang. 

“Sebetulnya beberapa tahun kemarin akses jalan pendekat tersebut sudah dibangun, tetapi belum rampung seluruhnya. Jadi kami harapkan tahun ini pembangunan bisa diselesaikan,” katanya.

Kelak, terang Tohar, mobilisasi kebutuhan logistik untuk IKN diarahkan melalui akses jalan pendekat  ini, sehingga memperpendek jarak tempuh. Tentu secara tidak langsung akan mengurangi tingginya mobilisasi pengangkut logistik menuju IKN yang kini masih digunakan. 

Nantinya angkutan logistik ke IKN tidak hanya menggunakan satu jalur saja, tetapi diarahkan ke jalan baru yang tidak melalui daerah pedesaan.

"Selain itu, pemerintah daerah menyediakan fasilitas drop-off dan tempat logistik guna mendukung pembangunan di IKN,” pungkasnya.

Baca Juga: Target PPU Menurunkan Angka Kekerdilan pada Anak

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya