Penajam Paser Utara Hanya Berangkatkan 60 CJH Tahun 2022

Pendaftar haji tahun 2021 hanya 167 orang

Penajam, IDN Times – Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) hanya memberangkatkan 60 orang calon jemaah haji (CJH)  pada musim haji 1443 Hijriah tahun 2022 Masehi ini.

“Pada musim haji tahun 2022, Kabupaten PPU hanya memberangkatkan 60 calhaj (CJH) saja. Jumlah ini berkurang setengahnya dari kuota sebelum pandemi berjumlah 127 orang per tahun,” ujar Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) PPU, Usep Suciadi kepada IDN Times, baru-baru ini di Penajam.

1. Pengurangan karena pandemik COVID-19 dan faktor ekonomi masyarakat menurun

Penajam Paser Utara Hanya Berangkatkan 60 CJH Tahun 2022Kantor Kemenag Penajam Paser Utara (IDN Times/ Ervan)

Menurutnya, pengurangan ini kemungkinan karena pengaruh pandemik COVID-19 dan faktor ekonomi masyarakat yang menurun, sehingga masyarakat mengurungkan sementara ini untuk melaksanakan rukun Islam kelima tersebut.

“Selama pandemik COVID-19 memang tidak ada pemberangkatan haji, tapi satu hari ada saja masyarakat yang mendaftar haji,” ungkap Usep.

Dikatakan bahwa pandemik sangat berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat. Sehingga jumlah warga yang mendaftar haji juga ikut berpengaruh.

2. Beberapa calon haji tarik dana iuran haji dan pelunasan haji

Penajam Paser Utara Hanya Berangkatkan 60 CJH Tahun 2022Aktivitas pelayanan Kemenag PPU (IDN Times/ Ervan )

Bahkan, sebutnya, akibat faktor penurunan ekonomi masyarakat tersebut, ada beberapa calon haji menarik dana iuran haji mereka. Dua orang menarik dana pelunasan haji, sementara 38 orang mencabut berkas.

“Para calon haji menarik berkas dan dana pelunasan haji tersebut mungkin dari faktor ekonomi yang menurun  dampak dari pandemik COVID-19,” katanya.

Dibeberkannya, pemerintah Indonesia dan Arab Saudi telah resmi menyepakati jumlah kuota haji pada tahun 2022 sebanyak 100.051 jemaah. Sementara itu, Kemenag juga sudah menetapkan kuota haji untuk Kaltim.

Baca Juga: Dinas PUPR Penajam Didesak Susun Perda Retribusi PBG

3. Masa tunggu keberangkatan haji di Kabupaten PPU 28 tahun

Penajam Paser Utara Hanya Berangkatkan 60 CJH Tahun 2022Ilustrasi Jemaah Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Tahun 2022 sebanyak 1.174 jemaah termasuk kuota untuk CJH PPU sendiri ada 3.650 calon haji yang masuk daftar tunggu.

“Sekarang ada sebanyak 3.650 calon haji masuk daftar tunggu, akibatnya diperkirakan masa tunggu keberangkatan haji di Kabupaten PPU bisa mencapai 28 tahun mendatang,” terangnya.

Diakuinya, setiap tahunnya pendaftar haji di PPU cukup banyak setiap tahun, padahal waktu itu belum dipastikan kapan ada pemberangkatan haji karena pandemik COVID-19. Untuk 2020 saja, 350 warga PPU telah mendaftar.

“Namun pada tahun 2021 kemarin ada penurunan sehingga jumlah pendaftar haji di PPU  hanya mencapai 167 orang saja,” ujar Usep.

Ia menambahkan, secara nasional, jumlah keberangkatan calon haji tahun ini memang alami penurunan sekitar 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya. 

4. Keberangkatan ibadah haji tahun ini daftar tunggunya tahun 2020 silam

Penajam Paser Utara Hanya Berangkatkan 60 CJH Tahun 2022Usep Suciadi (IDN Times/Ervan)

Jumlah pemberangkatan haji di PPU semakin menurun tiap tahunnya. Hal itu dipengaruhi karena perekonomian warga yang belum stabil.

“Sebelum pandemi, jumlah pemberangkatan haji sebanyak 2.559 orang, kini hanya 1.181 jemaah. Begitupun di PPU yang hanya kebagian 60 orang dari biasanya 127 orang. Di mana keberangkatan ibadah haji tahun ini, merupakan calon haji yang daftar tunggunya di tahun 2020,” urainya.

Terpisah seorang kerabat Calhaj yang tahun ini membatalkan keberangkatan hajinya bernama Ahmad membenarkan kalau satu orang keluarga telah menarik dana iuran haji miliknya karena alasan ekonomi yang menurun.

“Benar satu orang keluarga saya menarik dana iuran haji miliknya yang harusnya bisa berangkat ke tanah suci Makkah  melaksanakan ibadah haji rukun Islam kelima tersebut. Ia membatalkan setelah melakukan musyawarah dengan keluarga,” akunya.

Baca Juga: Kabupaten Penajam Dapat Bantuan 1.000 Ekor Sapi dari Pusat

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya