Penghujung Tahun, 103 Orang di PPU Masih Berstatus Positif COVID-19

Pasien selesai isolasi sejumlah 251orang

Penajam, IDN Times – Jumlah kasus positif COVID-19 di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terus bertambah. Per hari Kamis (31/12/2020) total pasien yang masih berstatus positif sebanyak 103 orang. Demikian disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 PPU, dr. Jansje Grace Makisurat.

“Jumlah kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 telah mencapai 367 kasus di mana jumlah pasien berstatus positif terus bertambah di mana kini telah mencapai 103 orang," kata Grace kepada IDN Times, Kamis.

Grace merinci, dari total 103 kasus positif baru COVID1-9, sebanyak 22 di antaranya menjalani perawatan di rumah sakit. Sementara 81 orang lainnya menjalani isolasi di Rumah Susun Sewa (Rusunawa) yang jadi lokasi isolasi terpadu yang disediakan Pemkab PPU.

1. Delapan tambahan kasus baru membuat total kasus aktif sebanyak 103

Penghujung Tahun, 103 Orang di PPU Masih Berstatus Positif COVID-19Ilustrasi seorang pasien COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica

Grace menjelaskan, kenaikan jumlah kasus aktif setelah pada hari ini, terjadi penambahan sebanyak delapan kasus positif baru. 

"Dari delapan pasien tersebut tiga orang di antaranya merupakan tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU masuk klaster RSUD lalu satu orang pasien dari klaster perkantoran Dinkes PPU," sebutnya.

2. Tiga nakes RSUD terpapar COVID-19 karena kontak erat dengan nakes lainnya

Penghujung Tahun, 103 Orang di PPU Masih Berstatus Positif COVID-19RSUD Ratu Aji Putri Botung (RAPB) Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Tigas nakes yang masuk dalam klaster RSUD tersebut terpapar COVID-19 karena melakukan kontak erat dengan nakes lainnya yang terlebih dahulu positif corona.

“Untuk satu orang pasien dari klaster Dinkes tersebut yakni PPU 360 perempuan (38) alamat Gunung Seteleng, Kecamatan Penajam dari klaster perkantoran Dinkes, terpapar akibat kontak erat dengan rekannya yang positif,” tutur Grace.      

3. Empat pasien lainnya di luar klaster Dinkes dan RSUD hingga kini masih proses pelacakan

Penghujung Tahun, 103 Orang di PPU Masih Berstatus Positif COVID-19Ilustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Sementara itu, untuk empat pasien lainnya di luar klaster Dinkes dan RSUD PPU hingga kini masih dalam proses pelacakan.

Empat pasien klaster RSUD dan Dinkes, jelas Grace, saat ini telah menjalani isolasi terpadu di Wisma PKK. Sementara empat pasien sisanya yang kini masih dilakukan pelacakan segera diarahkan ke tempat isolasi karantina terpadu di Rusunawa Penajam.

Baca Juga: [UPDATE] 18 Kasus Positif Baru COVID-19 di PPU, 7 dari Klaster Dinkes

4. Kasus terbanyak berada di Kecamatan Penajam dengan jumlah keseluruhan 251 kasus

Penghujung Tahun, 103 Orang di PPU Masih Berstatus Positif COVID-19Infografis COVID-19 PPU Update 31 Desember 2020 (Dok. Satgas COVID-19 PPU)

Dijelaskan Grace, saat ini jumlah akumulatif kasus COVID-19 di PPU sebanyak 367, di mana 103 orang masih berstatus positif. Selain itu, 13 pasien lainnya meninggal dunia, dan 251 kasus dinyatakan sembuh dari corona.

Daerah dengan kasus positif terbanyak di PPU, jelas Grace, berada di Kecamatan Penajam dengan 251 kasus. Rinciannya, 81 orang masih positif dan 162 pasien dinyatakan sembuh. Sementara delapan korban meninggal dunia.

“Lalu disusul kasus terbanyak kedua di  Kecamatan Waru dan Kecamatan Sepaku masing-masing berjumlah sama yakni 39 kasus," ucap Grace.

Baca Juga: Tambah 7 Kasus Positif COVID-19 di PPU, 2 Diantaranya Nakes RSUD PPU

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya