Penumpang di Pelabuhan PPU Meningkat Drastis selama Mudik Lebaran 

Puncak pengguna jasa di H+2 lebaran

Penajam, IDN Times - Jika sebelumnya diperkirakan akan terjadi penurunan, kenyataannya pada lebaran ketiga atau H+3 Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024, terjadi kenaikan tajam sebesar 13,4 persen jumlah penumpang di Pelabuhan Penajam Paser Utara-Balikpapan Kalimantan Timur. Mereka ini adalah penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan kapal feri melintasi Teluk Balikpapan. 

"Melihat kondisi pada H+3, setiap segmen jenis pengguna jasa kapal feri dari Pelabuhan Penajam rata-rata mengalami kenaikan sebesar 13,4 persen," ujar General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Balikpapan Christoper Samosir kepada IDN Times, Sabtu (13/4/2024).

1. Jumlah penumpang orang capai 76.481

Penumpang di Pelabuhan PPU Meningkat Drastis selama Mudik Lebaran Membuldak pengguna jasa angkutan lebaran kapal ferry di pelabuhan ASDP Penajam (IDN Times/Ervan)

Data akhir H+3 lebaran menunjukkan bahwa semua segmen atau kategori jenis pengguna jasa feri mengalami peningkatan. Misalnya, jumlah penumpang baik dalam kendaraan maupun pejalan kaki tahun 2023 sebanyak 69.430 orang, namun pada tahun 2024 naik menjadi 76.481 orang, atau meningkat sebesar 110,2 persen.

"Kenaikan juga terjadi pada pengguna jasa jenis kendaraan bermotor (ranmor) roda dua, di mana tahun 2023 sebelumnya hanya sejumlah 9.534 unit, namun mengalami peningkatan menjadi 10.380 unit atau sebesar 108,9 persen," tambahnya.

Ranmor roda empat juga mengalami peningkatan sebesar 111,5 persen, dengan jumlah unit tahun 2023 sebanyak 8.921 unit menjadi 9.949 unit pada tahun 2024. Sedangkan ranmor jenis bus mengalami kenaikan sebesar 116,7 persen, dari 156 unit pada tahun 2023 menjadi 182 unit pada tahun 2024.

Baca Juga: PPU Mendorong Persiapan Data untuk Penanggulangan Pengangguran

2. Sebanyak 11.761 ranmor roda empat guna kapal feri

Penumpang di Pelabuhan PPU Meningkat Drastis selama Mudik Lebaran Pengguna jasa angkutan lebaran kapal ferry di pelabuhan ASDP Penajam (IDN Times/Ervan)

Ditegaskannya, meskipun awalnya terjadi penurunan jumlah pengguna jasa feri dari Pelabuhan Penajam-Kariangau Balikpapan, setelah dihitung selama libur lebaran, jumlahnya justru mengalami kenaikan.

Sebagian pemudik yang menggunakan akses darat, khususnya melalui daerah Silkar Desa Girimukti, Kecamatan Penajam PPU memilih menggunakan jasa kapal feri pada sore hingga malam hari.

"Puncak arus mudik dan balik terjadi pada lebaran kedua atau H+2 pada Kamis 11 April 2024, di mana jumlah penumpang di semua segmen atau kategori jenis ranmor lebih banyak dibandingkan beberapa hari libur lebaran lainnya," jelasnya.

3. Siapkan 18 unit kapal feri

Penumpang di Pelabuhan PPU Meningkat Drastis selama Mudik Lebaran General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Balikpapan, Christoper Samosir (IDN Times/Ervan)

Pihak PT ASDP telah membentuk Posko Angkutan Lebaran Tahun 2024 dan menyiapkan total 18 unit kapal feri beroperasi, di mana empat di antaranya merupakan milik PT ASDP. 

"Jumlah trip kapal feri yang bersandar di Pelabuhan Feri Penajam selama lebaran itu rata-rata mencapai 90 an ke atas," ungkapnya.

Pelabuhan Penajam milik PT ASDP memiliki luas 6.029 meter persegi, dengan dua dermaga. Lintasan yang dilayani adalah Penajam-Kariangau dengan jarak 6 mil, dengan waktu operasional sekitar 60 menit sailing time dan 15 menit port time.

"Operasional Pelabuhan Penajam menerapkan zonasi dalam pelayanan kepada penumpang dan kendaraan, dengan melibatkan 46 personel internal ASDP. Selama pelayanan angkutan lebaran, tidak ada kendala yang berarti," tutupnya.

Baca Juga: Polres PPU Bersiaga Penuh selama Lebaran Idul Fitri

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya