Perusahaan Nasional Sepakat Kucurkan CSR untuk Masyarakat IKN

Peningkatan pendidikan, kesehatan, peternakan, dan budaya

Penajam, IDN Times - Sejumlah perusahaan nasional sepakat mengucurkan dana corporate social responsibility (CSR) dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Perusahaan beroperasi di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) tersebut terdiri Astra, Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), Korindo, Indomaret, dan Alfamidi.

“Mereka akan mengarahkan CSR  untuk membantu sektor pendidikan, kesehatan, peternakan dan kebudayaan,” kata Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Alimuddin kepada IDN Times, Senin (22/5/2023).

1. Perusahaan bersedia bantu OIKN

Perusahaan Nasional Sepakat Kucurkan CSR untuk Masyarakat IKNDesain Istana Negara di IKN (Instagram/nyoman_nuarta)

Alimuddin mengatakan, Badan Otorita IKN mengundang sebanyak 27 perwakilan perusahaan guna membahas tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. 

“Dalam pertemuan yang dilakukan di Kantor OIKN Balikpapan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan, pertama yaitu, perusahaan bersedia memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh OIKN dalam rangka revitalisasi di bidang pendidikan, kesehatan, kebudayaan serta peternakan,” tuturnya.

Para perusahaan ini pun bersedia membuka pusat pelatihan bahasa asing. Contohnya, seperti sudah dilakukan PHKT yang membuka Program Kampung Inggris di Kelurahan Lawe-Lawe Kabupaten PPU. 

“Ke depannya program seperti ini akan dikembangkan di wilayah sekitar Nusantara sesuai permintaan dan kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga: Seleksi Terbuka Jabatan di Pemkab PPU Diikuti 37 ASN

2. Indomaret dan Alfamidi akan bantu sekolah di IKN

Perusahaan Nasional Sepakat Kucurkan CSR untuk Masyarakat IKNAlimuddin (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, lanjutnya, perusahaan seperti Indomaret dan Alfamidi akan memberi bantuan bagi sekolah-sekolah yang berada di wilayah IKN, berupa rehabilitasi bangunan sekolah maupun penyediaan peralatan penunjang pembelajaran.

Selain perusahaan swasta dan BUMN tersebut, program CSR juga akan dilakukan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Jawa tengah guna memberikan kontribusi berupa pelatihan kepada warga IKN.

Pelatihan antara lain kerajinan kulit, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) maupun ECO print. Dalam pelaksanaannya tentu akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat IKN dan yang pasti dilakukan secara gratis. 

3. Jadi tantangan bersama

Perusahaan Nasional Sepakat Kucurkan CSR untuk Masyarakat IKNDeputi Bidang Sosbud dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN, Alimuddin pimpinan pertemuan dengan perusahaan di Kabupaten PPU. Sumber Tim Komunikasi OIKN (IDN Times/Ervan)

Lantaran itu, Alimuddin menilai sebagai sebuah tantangan agar ke depannya bisa dilakukan pemetaan. Dalam hal ini, pemetaan sudah dilakukan para peserta, waktu pelaksanaan termasuk alur bisnis maupun e-marketing.

"Rencananya bakal dilaksanakan di akhir Juni depan,” terangnya. 

Ia menambahkan, khusus untuk peningkatan mutu guru, Astra akan turut membantu melakukan asesmen peningkatan mutu guru di 16 sekolah di wilayah Nusantara. Ruang lingkup wilayahnya tidak terbatas wilayah Nusantara.

“Wilayahnya tidak terbatas hanya di IKN saja , namun akan dikembangkan juga di wilayah sekitarnya,” tegasnya.

4. Berharap berdampak positif

Perusahaan Nasional Sepakat Kucurkan CSR untuk Masyarakat IKNSebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Ia berharap, bentuk kepedulian perusahaan swasta maupun BUMN melalui program TJSL itu dapat berjalan sesuai target dan membawa dampak positif kepada seluruh masyarakat di IKN maupun daerah penyanggah.   

“Kami berharap program TJSL dari perusahaan yang hadir dalam forum kemarin bisa terwujud dengan baik. Selain itu, dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain di wilayah PPU maupun sekitarnya,” pungkas Alimuddin.

Baca Juga: Pertamina Berdayakan Budidaya Komoditas Pangan Hidroponik di PPU

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya