Polres PPU Kerahkan Puluhan Personel Amankan Pendaftaran Pilkada

Libatkan personel gabungan untuk amankan pendaftaran

Penajam, IDN Times - Polres Penajam Paser Utara (PPU), Polda Kalimantan Timur (Kaltim) kerahkan puluhan personel amankan pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pendaftaran bakal pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati PPU, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten PPU.

“Kami mengerahkan puluhan personelnya untuk melaksanakan pengamanan Proses Pendaftaran bakal paslon bupati dan wakil Bupati (Wabup) di Kantor Pemilihan Umum Daerah (KPUD), agar dapat berjalan dengan lancar dan aman,” ujar Kapolres Penajam Paser Utara, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Supriyanto, di sela-sela jalannya kegiatan Kamis (29/8/2024) di Penajam.

1. Pengamanan dilaksanakan selama tiga hari

Polres PPU Kerahkan Puluhan Personel Amankan Pendaftaran PilkadaKapolres PPU AKBP Supriyanto lakukan pengecekan kesiapan pengamanan di Kantor KPU PPU. Humas Polres PPU (IDN Times/Ervan)

Ia mengatakan bahwa pengamanan pendaftaran Paslon Bupati dan Wabup ini dilaksanakan selama tiga hari. Mulai 27 hingga 29 Agustus 2024. Ini dalam rangka Operasi Mantap Praja Mahakam 2024 guna mendukung keamanan dan kelancaran pelaksanaan tahapan Pilkada serentak tahun 2024.

Kapolres menegaskan, bahwa pengamanan ini dilakukan untuk memastikan kegiatan pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil bupati berjalan lancar dan aman, serta untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan yang dapat menghambat selama berlangsungnya Pendaftaran tersebut.

“Dalam pelaksanaan pengamanan ini, kami melibatkan personel gabungan dari berbagai fungsi seperti Polri sendiri, TNI, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) PPU,” ungkapnya.

Baca Juga: Menko PMK Muhadjir Effendy Soroti Soal Kualitas SDM Lokal di IKN

2. Disebar di berbagai titik strategis

Polres PPU Kerahkan Puluhan Personel Amankan Pendaftaran PilkadaIlustrasi Pilkada. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Personel yang bertugas dalam pengamanan ini, bebernya, disebar di berbagai titik strategis di sekitar Kantor KPU PPU. Termasuk di pintu masuk, area parkir, dan jalur utama jalan. 

Selain itu, pengawasan juga dilakukan di area sekitar kantor untuk mengantisipasi kemungkinan kerumunan atau aksi massa yang tidak diinginkan.

“Dengan adanya pengamanan ini,proses pendaftaran calon Bupati dan Wabup PPU di Kantor KPU PPU diharapkan dapat berlangsung dengan aman lancar dan tertib,” tukasnya.

Kapolres menegaskan, pihaknya terus berkomitmen untuk menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif hingga seluruh rangkaian Pilkada selesai dilaksanakan.

3. Empat paslon resmi daftar ke KPU PPU

Polres PPU Kerahkan Puluhan Personel Amankan Pendaftaran Pilkadailustrasi pilkada (IDN Times/Esti Suryani)

Berdasarkan informasi dari KPU PPU, pendaftaran pertama pada Rabu 28 Agustus 2024 dilakukan oleh bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati PPU, Mudyat Noor, S.Hut - Abdul Waris Muin pada pukul 16.00 Wita, dengan Partai pengusung jumlah sembilan kursi di DPRD PPU yakni Partai Gerindra, Partai Nasdem, dan PDIP.

Lalu pada hari ini pukul 10.00 Wita bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Desmon Hariman Sormin, S.Hut - Ust. Naspi Arsyad, Lc. Partai pengusung dengan jumlah lima kursi di DPRD PPU yakni PKS, PBB, PAN.  Lalu di pukul 16.00 Wita mendaftar Paslon H. Andi Harahap, S.Sos - Dayang Donna Faroek, partai pengusung dengan lima kursi yaitu, Partai Golkar, PKB, Partai Hanura dan Partai Non Kursi yakini PPP dan Perindo.

Sementara itu, bakal paslon Bupati-Wakil Bupati Ir. H. Hamdam-Ir. H. Ahmad Basir, dengan partai pengusung ber jumlah kursi lima kursi di DPRD PPU yakni Partai Demokrat, Partai Gelora dan Partai Non Kursi, Ummat, Buruh, PSI, PKN dan Garuda mendaftar pada hari ini juga pada pukul 22.00 Wita.

Baca Juga: Dua Paslon Wali Kota Banjarmasin Resmi Mendaftar ke KPU

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya