Comscore Tracker

PPU dan Donggala Kerja Sama dalam Berbagai Bidang Pembangunan

Untuk kesejahteraan masyarakat dua wilayah

Penajam, IDN Times - Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Donggala menjalani kerja sama dalam berbagai bidang pembangunan. Kerja sama kabupaten di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Sulawesi Tengah (Sulteng) ini ditandai penandatanganan memorandum of understanding (MoU) nota kesepakatan dua pihak. 

Penandatanganan dilakukan Plt Bupati PPU Hamdam dan Bupati Donggala Kasman Lassa di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kecamatan Sepaku PPU, Selasa (30/8/2022). 

“Pemerintah Kabupaten PPU memang perlu mitra kerja sama dari daerah lain. Karena menurut saya untuk mendukung pembangunan IKN Nusantara tidak mungkin dilakukan oleh Kabupaten PPU sendiri,” ujar Hamdam dalam sambutannya.

1. Sekarang tugas pemerintah daerah adalah menyukseskan pembangunan IKN

PPU dan Donggala Kerja Sama dalam Berbagai Bidang PembangunanPlt. Bupati PPU, Hamdam dan Bupati Donggala, Kasman Lassa tandatangani Mou (IDN Times/Ervan)

Sekarang, sebutnya, tugas pemerintah daerah adalah bagaimana menyukseskan pembangunan IKN. Sekecil apa pun itu harus dilakukan bersama-sama demi kelancaran pembangunan. 

“Memang banyak daerah-daerah lain yang Ingin berkomunikasi dengan Kabupaten PPU untuk melakukan kerja sama khususnya dalam rangka pembangunan IKN di Kabupaten PPU ini. Tetapi, tidak ada yang spesial seperti Kabupaten Donggala ini,” tuturnya.

Menurut Hamdam, Bupati Donggala memiliki pemikiran visi ke depannya. Karena ia bisa membaca peluang-peluang bagaimana mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Donggala untuk jadi modal bagi pembangunan daerahnya.

"Hari ini kita melakukan penandatanganan  MoU yang akan menjadi starting point kita untuk ke depan bisa melakukan kerja sama yang lebih menguntungkan bagi kedua belah pihak, yang muaranya adalah bagaimana kita bisa turut memberikan dukungan terhadap suksesnya pemindahan IKN di Kabupaten PPU," tutupnya. 

Baca Juga: Festival Sepaku Ibu Kota Nusantara Digelar di PPU

2. Kerja sama lebih menguntungkan bagi kedua belah pihak

PPU dan Donggala Kerja Sama dalam Berbagai Bidang PembangunanKepala Dinas Pertanian PPU dan Donggala tunjukan MoU bidang pembangunan pertanian (IDN Times/Ervan)

Sementara Bupati Donggala Kasman Lassa mengucapkan terima kasih atas respons positif Pemkab PPU menyambut kerja sama dua kabupaten. Di mana masing-masing memaksimalkan potensi daerahnya. 

"Kami berterima kasih khususnya kepada Bapak Bupati PPU karena telah membawa kami ke titik Nol IKN ini. Saat ini yang ada di hati kami adalah batu kerikil, batu abu, batu gajah dan semua bahan material di sana akan kami konsentrasikan ke sini,” sebutnya.

Selain itu, Kasman pun menawarkan potensi hasil kekayaan alam Donggala, seperti sayuran, buah-buahan, hasil budidaya ternak, ikan, beras, dan lainnya. Seluruhnya bisa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat IKN di masa depan.

3. Donggala ingin ada di kawasan IKN yang dikoordinasikan Pemprov Sulteng

PPU dan Donggala Kerja Sama dalam Berbagai Bidang PembangunanKepala Dinas Budpar PPU dan Donggala tunjukan MoU bidang pembangunan Budpar (IDN Times/Ervan)

Pemkab Donggala sudah mengoordinasikan kerja sama ini dengan dinas terkait. 

“Kami juga telah berkoordinasi sejauh ini, oleh karena itu kami berani melakukan MoU dengan Pemerintah PPU sampai ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama antara perusahaan dengan dinas-dinas terkait yang ada,"ungkapnya.

Dirinya berharap, agar Donggala bisa berada dalam kawasan IKN yang dikoordinasikan Pemprov Sulteng. Kasman berjanji akan menemui langsung Gubernur Sulteng serta kementerian terkait guna membahas realisasi rencana tersebut. 

Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan guna menghindari persoalan bisa muncul di kemudian hari. Apalagi tujuan utamanya untuk menyejahterakan masyarakat di Donggala dan PPU. 

"Insya Allah setelah kunjungan ini kami  akan melakukan koordinasi dengan sejumlah pemegang potensi-potensi daerah yang ada di wilayah Donggala supaya kerja sama ini dapat dipercepat," jelasnya.

4. Akan lakukan koordinasi dengan sejumlah pemegang potensi di Donggala

PPU dan Donggala Kerja Sama dalam Berbagai Bidang PembangunanPlt. Bupati PPU, Hamdam jelaskan maket wilayah IKN kepada Bupati Donggala, Kasman Lassa dan rombongan (IDN Times/Ervan)

Untuk diketahui, Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah mencanangkan Donggala sebagai lokasi pangan nusantara. Salah satunya nantinya memenuhi kebutuhan pangan bagi warga IKN Nusantara. 

Sementara PPU juga dicanangkan sebagai lokasi IKN Nusantara. Menurut Kasman, hal ini menjadi berkah bagi warga Donggala.

"Ini merupakan hal yang sangat luar biasa. Kami sampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya. Kami siap untuk melakukan hal-hal yang sifatnya untuk kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat kedua wilayah,"pungkasnya.

Baca Juga: Festival Sepaku Ibu Kota Nusantara Digelar di PPU

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya