Prihono Nakhodai Akuatik Kota Balikpapan Periode 2024 - 2028

Diharapkan mampu capai target cabor akuatik Kota Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Ketua Akuatik Indonesia Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) terpilih periode 2024-2028, Prihono dituntut untuk mempertahankan prestasi cabang olahraga (Cabor) renang. Selama ini, cabor tersebut dinilai cukup baik di wilayah Kaltim. 

Sebelumnya, pada Musyawarah Kota atau Muskot Akuatik Indonesia Kota Balikpapan, Prihono dipilih sebagai ketua dengan suara terbanyak untuk memimpin lima tahun kedepan. Sebelumnya cabor Akuatik ini lebih dikenal sebagai Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).

“Kita harapkan dengan terpilih ketua Akuatik Kota Balikpapan ini, minimal dapat mempertahankan prestasi renang Kota Balikpapan yang selalu menjadi terbaik di Kaltim. Harapan berikutnya lahirnya atlet-atlet kota balikpapan sampai ke level nasional,” pinta Ketua Harian Akuatik Indonesia Provinsi Kaltim yang juga mendapat amanah sebagai caretaker Ketua Akuatik Kota Balikpapan, Alimuddin kepada IDN Times, Senin (30/1/2024) di Balikpapan.

1. Delapan klub pilih ketua Akuatik Balikpapan

Prihono Nakhodai Akuatik Kota Balikpapan Periode 2024 - 2028Alimuddin (IDN Times/Ervan)

Muskot digelar Sabtu (27/1/2024) di Balikpapan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Balikpapan, Hasbi Muhammad dan perwakilan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan.

“Muskot Akuatik Kota Balikpapan telah dilaksanakan pada Sabtu kemarin diikuti delapan klub Akuatik yang memiliki hak suara memilih ketua Akuatik Indonesia Kota Balikpapan dan mereka juga telah terdaftar dalam database Pengurus Besar Akuatik indonesia,” tutur Alimuddin.

Untuk diketahui, Muskot dilaksanakan untuk memilih ketua Akuatik lama yang masa jabatannya berakhir hingga 29 Januari 2024.

“Alhamdulillah ada dua calon yang diusulkan oleh delapan klub Akuatik Balikpapan, yakni Prihono dicalon oleh lima klub dan Riko dicalonkan oleh tiga klub. Sehingga dalam proses pelaksanaan Muskot telah menetapkan Prihono sebagai ketua terpilih,” sebutnya. 

Baca Juga: Dinkes Balikpapan Screening HIV pada 20 Ribu Orang selama 2023

2. Muskot berjalan dengan baik dan mufakat

Prihono Nakhodai Akuatik Kota Balikpapan Periode 2024 - 2028Syakira Aftani Arsyad, seorang siswi SMP Negeri 021 PPU (IDN Times/Istimewa)

Kegiatan Muskot pun berjalan dengan baik dan penuh musyawarah dan mufakat. Harapannya ketua terpilih segera menyusun tim formatur, guna menyusun kepengurusan Akuatik Kota Balikpapan serta program kerjanya. 

“Kita harapkan dengan terpilih ketua Akuatik Kota Balikpapan ini, minimal dapat mempertahankan prestasi renang Kota Balikpapan yang selalu menjadi terbaik di Kaltim. Harapan berikutnya lahirnya atlet-atlet kota balikpapan sampai ke level nasional,” pinta Alimuddin.

Alimuddin mengatakan bahwa selama ini yang justru muncul ke peringkat - peringkat terbaik berasal dari daerah luar Balikpapan. Seperti tahun ini atlet dari Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang sekaligus lolos menuju ke Pekan Olahraga Nasional (PON) untuk kelas Open Water Swimming (OWS) dan asal Penajam Paser Utara (PPU) lolos dalam Babak Kualifikasi PON pada renang indah.    

3. Diharapkan capai target

Prihono Nakhodai Akuatik Kota Balikpapan Periode 2024 - 2028Atlet putra dan putri renang OWS Kaltim saat mengikuti kejurnas di WBL (IDN Times/Ervan)

Ia mengucapkan selamat kepada ketua terpilih guna menjadi nakhoda cabang olahraga Akuatik Kota Balikpapan. Harapannya, ketua terpilih mampu mencapai target-target yang telah ditetapkan oleh KONI Balikpapan maupun Pemerintah Kota Balikpapan.

“Kerja sama antara cabang olahraga, KONI dan Pemerintah wajib untuk dilaksanakan, guna memberikan kepastian pembinaan yang berkelanjutan di bidang olahraga,  khususnya renang atau Akuatik,” tegasnya.

Sebelumya, Alimuddin menyatakan atlet renang asal Kabupaten PPU dan Kukar lolos dalam babak kualifikasi PON di Aceh-Sumatra Utara 2024. Dua atlet yang berhasil lolos dalam BK PON tersebut adalah Syakira Aftani Arsyad, seorang siswi SMP Negeri 021 PPU, yang berhasil dalam kategori renang indah. Kemudian Rama asal Kukar, yang unggul dalam renang perairan terbuka atau open water swimming (OWS).

“Kedua atlet ini berhasil lolos dalam BK PON pada bulan Desember 2023 lalu, yakni untuk OWS dari Kukar dan satu lagi dalam kategori renang indah dari SMP Negeri 021 PPU,” kata Alimuddin.

Baca Juga: Polisi Menjaga Ketat Logistik Pemilu 2024 di Gudang KPU Balikpapan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya