Sambut IKN, Perguruan Tinggi Perlu Dibangun di Penajam Paser Utara

SDM Penajam Paser Utara perlu disiapkan secara matang

Penajam, IDN Times - Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sebagai lokasi ibu kota baru yang ditunjuk oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo beberapa waktu lalu perlu berbenah dan menyiapkan diri dalam berbagai bidang. 

Salah satu langkah strategis yang perlu dilakukan oleh pemerintah adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat PPU untuk menyambut Ibu Kota Negara (IKN). 

"Langkah strategis untuk jangka panjangnya tentu di Kabupaten PPU harus sudah  mulai terbangun berbagai jenjang perguruan tinggi bertaraf nasional bahkan internasional," ujar Wakil Bupati PPU Hamdam saat membuka acara Sosialisasi Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, di Kantor Bupati PPU, Rabu (12/2) 

1. Wakil Bupati PPU apresiasi kegiatan sosialisasi Sekolah Pascasarjana Unhas

Sambut IKN, Perguruan Tinggi Perlu Dibangun di Penajam Paser UtaraPeserta sosialisasi program pascasarjana Unhas Makassar di Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Hamdam mengapresiasi kunjungan dan sosialisasi yang dilakukan Universitas Hasanuddin ini. Pemkab PPU terbuka untuk melakukan kerja sama dengan Universitas Hasanuddin. 

Program sosialisasi dari perguruan tinggi semacam ini menjadi motivasi bagi masyarakat PPU dan pegawai di jajaran Pemkab PPU untuk terus belajar hingga level pascasarjana, terus meningkatkan pengetahuan, dan kualitas diri, sehingga saat IKN mulai beroperasi warga PPU memiliki daya saing yang unggul.

Baca Juga: Pusat Kota Ibu Kota Baru Indonesia Bakal Seperti Manhattan AS

2. Kerja sama dengan universitas merupakan langkah positif

Sambut IKN, Perguruan Tinggi Perlu Dibangun di Penajam Paser UtaraWabup PPU, Hamdam memberikan arahan ke peserta sosialisasi program pascasarjana Unhas Makassar (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Hamdam menuturkan, SDM PPU memang perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi IKN. Untuk itu, ia berharap agar perguruan tinggi segera dibangun di Kabupaten Penajam Paser Utara, serta melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi. 

"Kerja sama pascasarjana yang dilakukan bersama Unhas Makassar ini merupakan salah satu langka positif yang tentunya patut kita apresiasi bersama,” tukas Hamdam.

3. Kerja sama antara Kabupaten PPU dengan Unhas dapat mewujudkan SDM yang berkualitas

Sambut IKN, Perguruan Tinggi Perlu Dibangun di Penajam Paser UtaraKantor Bupati Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dirinya berharap, jalinan kerja sama antara Kabupaten PPU dengan Unhas Makassar dapat terbangun dengan baik, sehingga langkah-langkah pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan SDM yang berkualitas dapat terwujud.

"Jika kerja sama itu bisa terlaksana, maka langkah strategi pemerintah dapat terwujud untuk mewujudkan SDM yang berkualitas," tutup Hamdam. 

Kegiatan sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Rektor Kepala Unhas Makassar Prof. Tri Harianto. Selain itu kegiatan  ini juga dihadiri oleh sejumlah  dosen Unhas Makassar dan diikuti sejumlah pimpinan dan staf Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab PPU.

Baca Juga: Bupati Evaluasi Aturan Penghambat Investasi di Penajam Paser Utara

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya