Sekolah Terbakar, Puluhan Murid SDN 022 PPU Terancam Tak Bisa Belajar

Kerugian diperkirakan mencapai Rp800 juta

Penajam, IDN Times - Api melahap bangunan ruang belajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 022 Kelurahan Sepan, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim). Akibat peristiwa ini, puluhan murid sekolah itu terancam tidak dapat melaksanakan proses belajar.

Kebakaran terjadi pada Rabu (31/1/2024) sore sekira pukul 16.00 Wita dan laporan baru diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sekitar pukul pukul 16.13 Wita,” ujar Kepala BPBD PPU, Budi Santoso, Rabu (1/2/2024).

1. Api membakar bangunan sepanjang 40 meter

Sekolah Terbakar, Puluhan Murid SDN 022 PPU Terancam Tak Bisa BelajarApi lalap bangunan sekolah di SDN 022 Sepan Penajam (IDN Times/Ervan)

Budi mengatakan bahwa lokasi kejadian berada di SDN 022, tepatnya di Kelurahan Sepan, Kecamatan Penajam, PPU. Api membakar bangunan sekolah dengan panjang 40 meter dan lebar bangunan yang terbakar 7,20 meter.

“Bangunan ini berdiri sejak tahun 2007 dan mendapatkan direhabilitasi di tahun 2020 berupa plafon dan lantai. Bahan dasar bangunan dominan adalah kayu sehingga api lebih cepat membesar dan menjalar kebagian lain bangunan,” jelas Budi. 

Baca Juga: Pemda Penajam akan Bayar Iuran BPJAMSOSTEK 10.000 Pekerja Rentan

2. Barang penting tidak dapat diselamatkan

Sekolah Terbakar, Puluhan Murid SDN 022 PPU Terancam Tak Bisa BelajarTim gabungan lakukan upaya evakuasi pasca kebakaran di SDN 022 Sepan Penajam (IDN Times/Ervan)

Ia mengungkapkan, ada pun kebakaran yang menimpa sekolah tersebut diketahui ketika beberapa warga melihat ada kepulan asap dari ruang kelas 4 di SDN itu. Kemudian api merembet dan semakin membesar hingga ke ruang guru.

Beberapa barang-barang penting tidak dapat diselamatkan karena api yang terlanjur membesar. Indikasi api muncul dari atas plafon kelas 4.

“Tetapi kami belum mengetahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran itu,” sebut Budi Santoso.

Berdasarkan data pihaknya, detail kerusakan terjadi di ruang kelas 4 dua lemari, semua meja dan bangku siswa dan guru ludes terbakar, lalu pada ruang Kelas 5 satu proyektor, satu lemari dan semua meja dan bangku siswa dan guru ikut terbakar.

“Api juga menghanguskan ruang kelas 6, di mana terdapat satu proyektor, satu amplifier, satu lemari dan alat peraga sebanyak sembilan macam dan semua meja serta bangku siswa dan guru juga terbakar. Bahkan uang perpisahan kelas sebesar Rp1.7 juta menjadi abu,” tuturnya. 

3. Semua peralatan dan dokumen hangus terbakar

Sekolah Terbakar, Puluhan Murid SDN 022 PPU Terancam Tak Bisa BelajarMobil pemadam kebakaran saat melakukan upaya pemadaman dan pendinginan api di SDN 022 Sepan Penajam (IDN Times/Ervan)

Di bangunan itu juga terdapat ruang kepala sekolah, di mana semua peralatan dan sarana kantor hangus terbakar. Termasuk dokumen akreditasi, dokumen kurikulum, jadwal supervisi, semua perangkat ludes.

“Sedangkan ruang untuk kantor guru semua barang hangus terbakar termasuk semua barang di dalamnya. Ada pun kerugian diperkirakan kurang lebih mencapai Rp800 Juta,” kata Budi Santoso.

 Jumlah siswa yang ruangannya terbakar untuk Kelas 4 ada 28 murid, kelas 5 sebanyak 21 murid dan kelas 6 sejumlah 22 murid. Lalu ada enam guru kelas, dua guru, dan satu staf tata usaha, termasuk ruang kepala sekolah.

4. Tim langsung datangi lokasi kebakaran

Sekolah Terbakar, Puluhan Murid SDN 022 PPU Terancam Tak Bisa BelajarTim gabungan lakukan upaya evakuasi pasca kebakaran di SDN 022 Sepan Penajam (IDN Times/Ervan)

Upaya yang dilakukan tim gabungan setelah laporan masuk langsung menuju ke lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Pemadaman dilakukan oleh tim Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) PPU.

“Api berhasil dikendalikan pada pukul 17.44 Wita dan langsung dilakukan pendinginan. Adapun tim yang terlibat terdiri dari DPKP, BPBD Dinas Pendidikan PPU, pihak sekolah Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kelurahan Sepan dan warga sekitar,” pungkasnya.

Baca Juga: KPU Penajam Antisipasi Cuaca Buruk saat Distribusikan Logistik Pemilu

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya