Tiga Hari Ini, Penajam Paser Utara Berstatus Zona Kuning COVID-19

Masyarakat diminta tetap patuh Prokes

Penajam, IDN Times - Akhirnya zona pandemik COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) berubah menjadi kuning. Bahkan telah bertahan selama tiga hari terakhir, di mana sebelumnya sempat bertahan di zona oranye. 

“Tiga hari terakhir ini, Kabupaten PPU telah masuk zona kuning setelah sempat sekian lama bertahan di zona oranye pandemik COVID-19. Zona warna itu sebagai bentuk kode atau wilayah mengelompokkan daerah yang terkena dampak pandemik Corona guna mengetahui berapa banyak kasus warga yang terinfeksi,” kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 PPU dr Jansje Grace Makisurat, kepada IDN Times, Selasa (12/10/2021).

1. Zona kuning merupakan daerah dengan jumlah pasien terinfeksi COVID-19 capai 1 hingga 25 orang PPU tersisa 14 kasus

Tiga Hari Ini, Penajam Paser Utara Berstatus Zona Kuning COVID-19dr. Jansje Grace Makisurat (IDN Times/Ervan)

Ia menerangkan, status zona kuning tersebut adalah daerah dengan jumlah pasien terinfeksi COVID-19 sebanyak 1 hingga 25 orang atau kasus. Sementara update terakhir jumlah kasus pasien terinfeksi yang masih aktif tersisa 14 kasus per Senin (11/10/2021) kemarin.

Update terakhir jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 aktif sebanyak 14 kasus sementara jumlah kesembuhan mencapai 4.176 kasus, kasus meninggal 228 dan jumlah keseluruhan kasus pasien terkonfirmasi total mencapai 4.418 kasus. Jumlah ini merupakan akumulasi sejak sejak 22 Maret 2020 hingga Senin kemarin per hari ini masih kita olah datanya,” sebut Grace.

Baca Juga: Lima Warga Diringkus Polres Penajam karena Penyalahgunaan Narkoba 

2. Berharap masuk zona hijau dengan nol kasus pasien terkonfirmasi COVID-19 aktif

Tiga Hari Ini, Penajam Paser Utara Berstatus Zona Kuning COVID-19Jubir Satgas PPU dr. Jansje Grace Makisurat (IDN Times/Ervan)

Setelah masuk zona kuning, lanjutnya, saat ini pihaknya menargetkan mampu masuk zona hijau dengan nol kasus pasien terkonfirmasi COVID-19. Dan itu menjadi harapan pihaknya, sehingga PPU terbebas COVID-19 itu.

“Mungkin PPU tetap di posisi hingga beberapa waktu ke depan, karena masih ada pasien terkonfirmasi positif aktif. Bisa hijau jika di PPU sudah tidak ada lagi pasien positif. Tetapi kami tetap berharap agar PPU segera menjadi zona hijau di tingkat Kaltim, meskipun tingkat kabupaten empat kecamatan se PPU sudah zona hijau semua,” ucap Grace.

Untuk diketahui, tambahnya, sampai dengan kemarin jumlah kasus pasien selesai isolasi atau sembuh telah mencapai 4.176 kasus atau jika presentasikan sebanyak lebih kurang 95 persen dengan posisi angka keseluruhan kasus pasien terkonfirmasi COVID-19 sejak 22 Maret 2020 lalu hingga Senin kemarin sejumlah 4.418 kasus.

3. Angka kesembuhan pasien COVID-19 di PPU capai 95 persen

Tiga Hari Ini, Penajam Paser Utara Berstatus Zona Kuning COVID-19Infografis Update COVID-19 PPU 11 Oktober 2021 (Dok.Satgas COVID-19 PPU)

“Angka kesembuhan pasien COVID-19 atau mereka yang telah selesai isolasi hingga sekarang telah mencapai 95 persen atau 4.176 kasus,” ungkapnya.

Grace menuturkan, terkait dengan jumlah kasus pasien suspek COVID-19 sejak 22 Maret 2020 hingga kemarin total keseluruhan sebanyak 6.056 kasus jumlah ini tetap tidak ada perubahan sejak Jumat (8/10/2021) hingga Senin kemarin. Sedangkan jumlah pasien probable juga tetap di posisi 189 kasus, lalu kasus pasien discarded secara akumulasi mencapai 5.596 kasus.

“Meskipun kini berada di zona kuning pandemik COVID-19, sebagai bentuk antisipasi kami tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tetap patuh protokol kesehatan (prokes), selalu menggunakan masker, menjaga jarak aman, sering cuci tangan menggunakan sabun, beretika ketika batuk dan bersin, tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan atau menghadirkan banyak orang dan membatasi aktivitas,”pungkasnya.

Baca Juga: Ratusan Pegawai Honorer di Penajam Paser Utara akan Diverifikasi Ulang

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya