Tingkatkan Layanan Publik, Diskominfo PPU akan Terapkan E-Office 

Dilaksanakan seluruh OPD

Penajam, IDN Times - Guna meningkatkan pelayanan publik, Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur (Kaltim) akan menerapkan penggunaan sistem e-office. 

Pelayanan publik elektronik tersebut akan diterapkan di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) lingkungan Pemkab PPU. Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) PPU pun menggelar bimbingan teknis tentang implementasi sistem e-office seluruh OPD, Selasa (9/1/2023). 

“Sistem e-office ini merupakan sebuah  aplikasi surat menyurat secara elektronik yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik, percepatan reformasi birokrasi, efektivitas dan efisiensi kebijakan publik,” kata Kepala Diskominfo PPU Khairudin kepada IDN Times, Rabu (10/1/2023).

1. Hindari tumpang tindih dan pemborosan

Tingkatkan Layanan Publik, Diskominfo PPU akan Terapkan E-Office Kepala Diskominfo PPU, Khairuddin (IDN Times/Ervan)

Ia menerangkan, dengan menggunakan sistem e-office itu maka juga dapat menghindari terjadinya tumpang tindih, salah tafsir dan pemborosan penyelenggaraan tata naskah  dinas pemerintah daerah.

“Bimbingan teknis ini dilaksanakan selama empat hari terhitung dari sejak Selasa kemarin sampai dengan Jumat 12 Januari  2024, dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri dan Balai Sertifikasi Elektronik, Badan Siber dan Sandi Negara," papar Khairudin.

Peserta bimbingan teknis terbagi dua bagian, di antaranya bagian pertama terdiri dari pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, beserta staf admin. Bagian kedua terdiri dari camat, lurah, kepala unit pelaksana teknis (UPT), dan kepala desa. 

Baca Juga: Gas Subsidi Langka, Pj Bupati PPU Sidak Agen dan Pangkalan 

2. Reformasi birokrasi banyak segmen dan faktor

Tingkatkan Layanan Publik, Diskominfo PPU akan Terapkan E-Office Ilustrasi sejumlah ASN bekerjaan secara online (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, Sekretaris Daerah PPU Tohar menyampaikan, bahwa konten reformasi birokrasi memiliki banyak segmen dan faktor yang harus didengarkan, baik itu struktur organisasi, regulasi, dan instrumen kerja.

Tinggal kini, bagaimana menyikapi dalam  keseluruhan yang ada, termasuk dalam ruang lingkup reformasi birokrasi. 

Konten reformasi birokrasi ada banyak segmen dan faktor yang harus kita dengar. Tohar juga menekankan pentingnya adaptasi terhadap teknologi untuk memajukan sistem administrasi pemerintahan. 

3. Bukan hanya sekadar penggunaan teknologi

Tingkatkan Layanan Publik, Diskominfo PPU akan Terapkan E-Office Sekda Penajam Paser Utara, Tohar (IDN Times/Ervan)

Menurut Tohar, pemanfaatan e-office bukan hanya sekadar teknologi, tetapi juga alat untuk mempercepat, menyederhanakan, dan meningkatkan transparansi dalam menjalankan tugas-tugas administrasi birokrasi. 

Penerapan teknologi baru, kata Tohar, memerlukan pemahaman dan keterampilan baru. Pemerintah daerah  berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan dan pendidikan yang relevan.

"Sosialisasi bimtek implementasi e-office ini bagian untuk memahamkan ke depan kita semua," pungkas Tohar.

Baca Juga: Pemkab PPU Benahi Perumda Benuo Taka yang Terbelit Kasus di KPK 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya