Comscore Tracker

Wamentan Kunjungi PPU untuk Pastikan Ketersediaan Pangan di IKN

Berdayakan pertanian salurkan beberapa program

Penajam, IDN Times - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi mengunjungi Penajam Paser Utara (PPU) di Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (5/12/2022). Kunjungan tersebut untuk memastikan ketersediaan pangan ke depan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Rombongan Kementerian Pertanian pun berdialog dengan Kelompok Tani (Pokta) di Desa Girimukti Kecamatan Penajam, PPU.

“Kunjungan ini merupakan rangkaian kerja Kementerian Pertanian yang kami lakukan guna, memastikan terpenuhinya ketersediaan pangan di wilayah IKN Nusantara. Di mana Sektor pertanian menjadi hal yang paling utama karena menyangkut pangan penduduk," katanya kepada awak media di sela-sela kegiatan.

1. Pertanian sektor paling dasar dalam membangun ibu kota baru

Wamentan Kunjungi PPU untuk Pastikan Ketersediaan Pangan di IKNWamentan Harvick Hasnul Qolbi dan Plt Bupati PPU Hamdam dan rombongan kunjungi deplot poktan Girimukti , Senin 5/12/2022 (IDN Times/Ervan)

Harvick mengatakan, sektor pertanian merupakan sektor yang paling dasar dalam membangun ibu kota baru. Ketersediaan pangan menjadi penentu bagi 1,9 juta jiwa penduduk. 

"Kota penyangga IKN harus segera kita berdayakan dengan menyalurkan beberapa program-program yang tepat sasaran," paparnya. 

Dalam momen tersebut, Harvick pun meninjau lahan pertanian hortikultura serta berdialog dengan Kelompok Tani Desa Giripurwa Kecamatan Penajam. PPU. 

Ia siap membantu para petani tersebut dalam pengelolaan pertanian di sana, melalui program kredit usaha rakyat (KUR) dan mekanisasi.

Program bantuan diberikan berupa alat mesin pertanian (Alsintan) direalisasikan Kementerian Pertanian anggaran 2023.

Baca Juga: Warga Rintik PPU Dibekuk, setelah 11 Kali Mencuri Sarang Walet 

2. Berharap PPU berikan andil besar jaga ketahanan pangan nasional

Wamentan Kunjungi PPU untuk Pastikan Ketersediaan Pangan di IKNPlt. Bupati PPU. Ir. H. Hamdam (IDN Times/ Ervan)

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati PPU Hamdam mengatakan, pihaknya berharap sektor pertanian di daerah PPU dapat memberikan andil besar dalam menjaga ketahanan pangan.

Berkontribusi maksimal dalam menjaga ketahanan pangan daerah dan nasional.

"Dukungan penuh Kementerian Pertanian dan seluruh stakeholder pertanian baik pusat maupun daerah," ucapnya.

Ia bersyukur Wamentan berkunjung ke Kabupaten PPU untuk melihat langsung bagaimana sesungguhnya kemajuan pertanian. Daerah ini memang disiapkan sebagai penyangga pangan IKN Nusantara. 

3. Petani sampaikan aspirasi mereka

Wamentan Kunjungi PPU untuk Pastikan Ketersediaan Pangan di IKNSeorang petani sampaikan aspirasi ke Wamentan Harvick Hasnul Qolbi , Senin 5/12/2022 (IDN Times/Ervan)

Menurut Hamdam, menjadi kesempatan luar biasa bagi petani PPU mampu bertemu langsung dengan Wamentan. Kesempatan itu juga telah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya para petani menyampaikan aspirasi mereka.

"Saya punya kesempatan yang cukup lama berbincang dengan beliau, mulai dari Balikpapan sampai di Desa Giripurwa. Sudah banyak yang saya sampaikan bahkan Pak Wamen juga mendengar langsung dari petani," pungkasnya.

Dalam kesempatan ini Wamentan menyerahkan secara simbolis bantuan dari Kementan kepada Pemkab PPU.Di antaranya berupa 500 hektare padi biofortifikasi, tiga unit traktor R2, tiga unit pompa air dan kredit usaha rakyat dengan plafon kredit Rp10 miliar.

Baca Juga: Polres PPU Gerebek Tiga Pria dari Tanah Laut saat Pesta Narkoba

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya