Wujudkan Mimpi Warga Pemaluan PPU, PKT Beri Bantuan Jaringan Pipa

Jadi embrio percontohan wilayah lain di IKN

Penajam, IDN Times - Mimpi puluhan tahun warga di Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) mendapatkan fasilitas air bersih bakal segera terwujud. 

PT Pupuk Kaltim (PKT) dalam waktu dekat ini segera mewujudkan mimpi tersebut, dengan menggelontorkan bantuan pembangunan jaringan pipa air bersih untuk masyarakat Pemaluan dan wilayah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

“PT Pupuk Kaltim, telah melakukan launching (peluncuran) pemberian bantuan jaringan pipanisasi air bersih buat masyarakat di kelurahan Pemaluan,” ujar Deputi Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN (OIKN), Alimuddin kepada IDN Times, Kamis (27/7/2023).

1. Memberi manfaat untuk warga

Wujudkan Mimpi Warga Pemaluan PPU, PKT Beri Bantuan Jaringan PipaDeputi Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN, Alimuddin (IDN Times/Ervan)

Bantuan ini, lanjutnya, juga berkat dukungan Andy F. Noya yang merupakan Owner Benih Baik dan juga pembawa acara Kick Andy. Dukungan juga datang dari Imam Budidarmawan Prasodjo yang meripakan tokoh masyarakat Indonesia dan kini  penggagas Istana pendidikan di kelurahan itu. Dia menggagas kampung ilmu, kampung batik dan kampung bunga di Pemaluan dan sekitarnya.

“Pipanisasi bantuan PT PKT ini tentu akan membawa manfaat sangat besar bagi masyarakat sekitarnya, karena mereka sudah puluhan tahun berharap mendapatkan fasilitas air bersih tersebut,” sebutnya.

Alimuddin mengungkapkan, kegiatan-kegiatan sosial pemberdayaan masyarakat seperti ini yang kini sedang OIKN garap, sehingga pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dapat berjalan seiring dengan pelaksanaan pembangunan di IKN.

Baca Juga: Mencuri di DP3AP2KB, Dua Warga Penajam Dibekuk Jantaras Polres PPU

2. Bantuan fasilitas umum

Wujudkan Mimpi Warga Pemaluan PPU, PKT Beri Bantuan Jaringan PipaBantuan sosial pemberdayaan masyarakat bentuk lain yang diberikan PT. PKT kepada warga Pemaluan (IDN Times/Ervan)

Untuk diketahui, bantuan dari Pupuk Kaltim bukan hanya ini, tetapi sebelumnya juga sudah dilakukan dengan bentuk lain. Seperti pelatihan batik dan sekarang hasilnya akan dipatenkan, harapannya nanti dapat dijadikan sebagai ikon IKN. 

“Bukan hanya kepada masyarakat, bantuan air bersih itu juga terkoneksi hingga ke sekolah dan fasilitas umum di wilayah itu, seperti tempat ibadah serta lainnya termasuk juga ke kampung batik yang ada di Sepaku,” tuturnya.

Selain itu, hingga kini masih terus pihaknya masih mendampingi kegiatan sosial pemberdayaan masyarakat lainnya. Termasuk bagaimana mempersiapkan pemberian layanan pendidikan bagi masyarakat di kelurahan Pemaluan dan sekitarnya.

“Konteks pemberdayaan sosial seperti ini, tentu harapan kita mendapatkan hasil yang baik dan jadi embrio percontohan bagi wilayah lain di IKN,” ucapnya.

3. Kapasitas produksi capai 5 liter per detik

Wujudkan Mimpi Warga Pemaluan PPU, PKT Beri Bantuan Jaringan PipaEmbung Bentayan Nusantara Pemaluan (IDN Times/Ervan)

Dia mengatakan bahwa bantuan pipanisasi ini akan terkoneksi hingga sekolah dan kemudian didistribusikan ke masyarakat, melalui sambungan-sambungan rumah. Ini juga akan disalurkan ke kampung bunga.

Adapun kapasitas produksi air tersebut, jelasnya, berdasarkan keterangan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mampu mencapai 5 liter per detik. Dinilai sangat cukup memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk jika ada penambahan jumlah penduduk di wilayah Pemaluan dan sekitarnya nanti.

“Ini jelas sangat membantu, karena dapat mengurangi beban masyarakat yang selama ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih harus membeli per tandon seharga kurang lebih Rp 80 ribu,” ungkap Alimuddin.

Terpisah Lurah Pemaluan, Ari Rahayu Purwati, mengaku senang dan mengucapkan terimakasih kepada PKT, Andy F. Noya dan Imam Budidarmawan Prasodjo, sehingga mimpi puluhan tahun masyarakat Pemaluan untuk mendapatkan fasilitas air bersih segera terwujud.

4. Manfaat pemindahan Ibu kota ke PPU

Wujudkan Mimpi Warga Pemaluan PPU, PKT Beri Bantuan Jaringan PipaKantor Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku, PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Ia menuturkan, jaringan pipanisasi yang bakal dibangun tersebut sumber air bakunya berasal dari embung di wilayah Pemaluan dengan kapasitas tampung sangat banyak. Ini  mampu memenuhi seluruh kebutuhan air masyarakatnya termasuk wilayah sekitarnya.

“Kami memiliki embung sejak lama, kini telah kami sepakati bersama namanya yakni Embung Bentayan Nusantara Pemaluan,” urainya.

Bahkan dari keterangan Kementerian PUPR, sambungnya, daya kapasitas tampung air, mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Pemaluan. Kini jumlah Kepala Keluarga mencapai 440 dengan 1.539 jiwa.

“Air di embung itu tidak pernah habis, meskipun saat musim kemarau. Bahkan Kementerian PUPR juga berencana akan membangunan fasilitas air bersih buat masyarakat Pemaluan dan wilayahnya,” pungkasnya.

Baca Juga: Dibakar Api Cemburu Warga Penajam Bacok Suami Mantan Istri

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya