254 Sekolah di Balikpapan Pakai Platform Digital dalam Belajar

Tansformasi pendidikan melalui penggunaan platform digital

Balikpapan, IDN Times - Perkembangan teknologi kian maju, termasuk di bidang pendidikan. Berbagai platform untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar pun bermunculan. Di antaranya platform Kelas Pintar yang kini jadi solusi belajar daring.  

Platform semacam ini didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran guna mendapatkan nilai akademis yang lebih baik. Saat ini 254 sekolah di Kota Balikpapan telah menggunakan platform ini dan membantu penyelenggaraan Ujian Kompetensi dan Ujian Sekolah pada jenjang SD dan SMP. 

"Kami berupaya memperluas jangkauan Kelas Pintar, setelah sebelumnya, kami telah hadir di Jawa, Bali, dan beberapa wilayah di Sumatera. Kini kami hadir di Balikpapan," ungkap Founder dan CEO Kelas Pintar, Fernando Uffie. 

1. Berharap bisa jangkau seluruh Kalimantan hingga se-Indonesia

254 Sekolah di Balikpapan Pakai Platform Digital dalam BelajarDinas Pendidikan Kota Balikpapan bersama Kelas Pintar menggelar halalbihalal beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Implementasi pendidikan berbasis teknologi menjadi alasan dibangunnya platform ini. Kerjasama Kelas Pintar dengan sekolah-sekolah di kota Balikpapan sudah terjalin sejak Januari 2024.

"Platform ini telah digunakan oleh lebih dari 24 ribu pelajar di Kota Balikpapan. Tersebar dari jenjang pendidikan SD, SMP, MI, hingga MTs," unngap Fernando. 

Ia melanjutkan, pihaknya berkomitmen untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa. Yang mana tiap sekolah di seluruh wilayah dapat mengimplementasikan teknologi kegiatan belajar mengajar.

"Kami berharap kelas pintar bisa terus berinovasi dan berkembang. Hingga nanti tidak hanya hadir di Balikpapan, tapi juga seluruh Kalimantan maupun wilayah di Indonesia lainnya," harapnya. 

Baca Juga: Fasilitas Rumah Singgah di Balikpapan Minim sebagai Beranda IKN

2. Transformasi pendidikan menuju sekolah berbasis teknologi

254 Sekolah di Balikpapan Pakai Platform Digital dalam BelajarSejumlah agenda pendidikan di sekolah di Kota Balikpapan juga menggunakan platform Kelas Pintar. (Istimewa)

Ditambahkan Kepala Disdikbud Kota Balikpapan, Irvan Taufik, ada 4 komponen penting dalam dunia pendidikan. Meliputi murid, guru, sekolah dan orang tua. Maka 4 komponen Ini mesti terkoneksi dengan baik, agar dunia pendidikan bisa semakin maju dan berkembang. 

"Saya sadar bahwa teknologi berperan sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan, termasuk di kota Balikpapan. Kami di sini sangat terbantu dengan solusi pendidikan berbasis teknologi dan kelas pintar," tuturnya. 

3. Kelas Pintar telah digunakan di berbagai agenda pendidikan

254 Sekolah di Balikpapan Pakai Platform Digital dalam Belajarid.pinterest.com

Ia melanjutkan, inovasi semacam ini selanjutnya bisa membantu sekolah-sekolah di kota Balikpapan untuk bisa bertransformasi. Yakni menjadi sebuah sekolah yang berbasis teknologi, dan menyediakan pendidikan yang berkualitas. "Dan ini harus merata bagi seluruh peserta didik di kota Balikpapan," kata Irvan. 

Hingga kini Kelas Pintar juga telah dimanfaatkan dalam penyelenggaraan Ujian Sekolah, Try Out hingga dengan Uji Kompetensi yang diadakan secara serentak. Kemudian pada 26-27 Maret 2024 lalu kelas Pintar juga terlibat dalam penyelenggaraan ujian literasi dan numerasi di tingkat SMP dan MTs Kota Balikpapan.

Sejumlah agenda di sekolah di Kota Balikpapan juga menggunakan platform ini. Antara lain pada Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk jejang SD pada 22-26 April 2024 dan pelaksanaan Uji Kompetensi SD kelas 6 pada 13-17 Mei 2024. 

Baca Juga: Kunci Sukses Balikpapan Menjadi Kota Metropolitan di Indonesia Timur

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya