Balikpapan Suntikkan Vaksin Moderna dengan  Sasaran para Nakes

Usai nakes juga dilanjutkan masyarakat umum

Balikpapan, IDN Times - Satgas COVID-19 Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) mulai menyuntikkan vaksin Moderna bagi pimpinan instansi kesehatan dan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), Selasa (17/8/2021).  

Setelah itu, penyuntikan akan dilanjutkan para tenaga kesehatan (nakes)  yang memperoleh prioritas penyuntikan vaksin ini.  Mereka menerima suntikan ketiga, setelah sebelumnya menerima dua kali suntikan vaksin Sinovac. 

"Hari ini bersamaan dengan Hari Kemerdekaan RI, kita optimalkan vaksin di sentra vaksinasi Dome. Ini sekaligus penyuntikan vaksin Moderna bagi pimpinan instansi kesehatan," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty. 

1. Vaksin Moderna akan sasar 7.600 nakes Balikpapan

Balikpapan Suntikkan Vaksin Moderna dengan  Sasaran para NakesKepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty (Idn tImes/ Fatmawati)

Penyuntikkan vaksin Moderna ini juga jadi momen untuk membangkitkan tenaga kesehatan dalam melayani masyarakat sebaik-baiknya. Dan ini penyuntikkan Moderna pertama.

"Kita di Balikpapan sudah 6.020 dosis Moderna tiba untuk tenaga kesehatan. Dan kita juga sudah vaksin pimpinan institusi dahulu, dengan harapan seluruh nakes di bawah mereka bisa mengikuti," jelas Dio, sapaan Andi Sri Juliarty.

Menurutnya ada sebanyak 7.600 nakes yang menjadi sasaran penyuntikan vaksin Moderna ini. Vaksin yang tiba sudah mencapai 6.020 dosis, selanjutnya akan tiba lagi 21.980 dosis. 

"Tapi ini untuk penyuntikan dua kali. Sehingga tidak bisa kita habiskan sekaligus untuk dosis pertama. Karena ketersediaannya terbatas, tidak seperti Sinovac," jelasnya. 

Dengan begitu vaksin yang tiba besok akan digunakan untuk dua kali suntikan bagi tenaga kesehatan. 

Baca Juga: Cerita si Pembawa Pesan Mengusir Belanda dari Balikpapan

2. Usai nakes, Moderna juga akan sasar masyarakat umum

Balikpapan Suntikkan Vaksin Moderna dengan  Sasaran para NakesVaksinasi COVID-19 di Balikpapan Kaltim, Senin (9/8/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Vaksin Moderna selanjutnya juga akan tiba kembali yang sasarannya adalah masyarakat umum. Ia berharap pekan depan vaksin untuk masyarakat umum ini sudah tiba. 

Menurutnya saat ini vaksin sudah terlebih dahulu tiba di Kabupaten Kutai Kartanegara. Selanjutnya Balikpapan akan menyusul menerima vaksin Moderna untuk masyarakat umum. 

"Moderna ini memiliki efikasi yang cukup tinggi yaitu 94 sampai 95 persen. Kita berterima kasih pemerintah hadir di sini memberikan kita perlindungan lebih baik melalui vaksinasi yang  lebih tinggi," ungkap Dio .

Dalam hal ini lanjut dia, prioritas penggunaan Moderna pada tenaga kesehatan mengacu pada Surat Edaran Kementerian Kesehatan nomor 1919. Bahwa nakes perlu dilindungi terlebih dahulu. 

"Karena dalam gelombang (kasus positif) kemarin, Mei sampai Juni tingkat kematian akan mulai naik lagi. Jadi untuk mampu melayani masyarakat yang lain maka dilindungi terlebih dahulu," terangnya. 

Kemudian selanjutnya, setelah nakes, masyarakat juga diberikan vaksin Moderna.

3. Efikasi tinggi, vaksin Moderna berpotensi akibatkan KIPI

Balikpapan Suntikkan Vaksin Moderna dengan  Sasaran para NakesWarga menunggu antrean vaksinasi COVID-19 di Balikpapan Kaltim, Senin (9/8/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Terkait pemberian vaksin dengan efikasi yang lebih tinggi ini, diakuinya ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang berpotensi terjadi. 

"Untuk moderna kami melihat beberapa rekan yang sudah menerima menunjukkan KIPI. Tapi marilah kita nikmati sensasi KIPI ini," ujarnya.

Beberapa KIPI yang kerap muncul antara lain nyeri di lengan bekas suntikan di hari pertama. Lalu terjadi demam di hari kedua, juga nyeri otot. Bisa jadi muncul juga sakit kepala. Dalam beberapa kasus ada juga gejala mual dan muntah.

"Namun ini adalah efek yang sudah dirilis resmi. Sehingga ada baiknya kita tahu dulu sebelum memilih untuk divaksin Moderna. Dengan begitu siap. Kalau siap efek akan lebih ringan karena telah siap secara mental," tutur Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Balikpapan ini.

4. Angka kematian nakes di Indonesia naik jadi 5 persen

Balikpapan Suntikkan Vaksin Moderna dengan  Sasaran para NakesPanglima TNI dan Kapolri meninjau vaksinasi massal di Balikpapan Kalimantan Timur, Jumat (6/8/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam hal ini, Jika ada nakes yang menolak disuntik vaksin Moderna, akan dilihat dahulu alasannya. Apakah ada kontra indikasi. Namun kalau hanya karena belum siap secara mental, maka akan didampingi hingga yang bersangkutan siap.

"Nanti mungkin dengan melihat teman-teman mereka yang mendapatkan vaksin terlebih dahulu. Kan biasa bisa lebih siap. Tapi karena tingkat kematian akan naik lagi kalau bisa ini disegerakan" tandasnya. 

Secara keseluruhan di Indonesia ada kenaikan persentase nakes yang meninggal dunia, yakni 5 persen. Di Balikpapan baru-baru ini ada satu orang dokter yang meninggal dunia, yakni dr. Syukriani yang merupakan spesialis anestesi.

Baca Juga: Kisah Pejuang Balikpapan untuk Mendengar Pidato Proklamasi 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya