Dinkes Balikpapan Siapkan Antigen Gratis di Puskesmas sampai Januari

Antisipasi gelombang ketiga dengan antigen dan vaksinasi

Balikpapan, IDN Times - Tak mau lengah meski kasus COVID-19 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) sudah jauh menurun, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan memberikan fasilitas gratis tes antigen hingga Januari 2022 atau pasca libur Natal dan tahun baru (Nataru).

Kepala Dinkes Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, layanan gratis antigen sebagai bentuk salah satu skrining kepada pendatang baru. 

"Ini juga sebagai bentuk dalam meningkatkan kewaspadaan di lingkungan RT apabila ada pendatang yang tidak bisa menunjukkan bukti vaksin atau PCR/Antigen," terang Andi Sri Juliarty, Senin (20/12/2021).

1. Antigen gratis di puskesmas sampai Januari 2022

Dinkes Balikpapan Siapkan Antigen Gratis di Puskesmas sampai JanuariKepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty (Idn tImes/ Fatmawati)

Dirinya mengatakan, Dinkes Kota Balikpapan menyediakan fasilitas antigen secara gratis di puskesmas hingga Januari 2022 nanti. Antigen gratis ini juga tersedia setiap usai libur panjang. 

Keseriusan Pemerintah Kota Balikpapan dalam mencegah penyebaran COVID-19 tetap dilakukan secara serius meskipun angka kasus di kota Balikpapan belakangan ini sudah melandai. 

"Kemudian, bagi pendatang yang belum vaksin, mohon diarahkan untuk segera vaksin. Walaupun tidak ber-KTP Balikpapan kita tetap melayani," sambung wanita yang akrab disapa Dio itu.

Baca Juga: Balikpapan Meraih Kota Tes, Lacak, dan Isolasi Terbaik di Indonesia

2. Prediksi kenaikan mobilitas penduduk di Balikpapan

Dinkes Balikpapan Siapkan Antigen Gratis di Puskesmas sampai JanuariIlustrasi Moda Transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Dinkes Kota Balikpapan memprediksi adanya peningkatan mobilitas penduduk yang pada saat libur Natal dan tahun baru. Baik itu mobilitas orang yang datang untuk cuti merayakan Natal, maupun pergantian sif pekerja di Balikpapan pada akhir tahun.

Kata Dio, peningkatan jumlah penduduk setelah libur panjang lumrah terjadi di Kota Minyak. Sehingga, pihaknya telah menyiapkan langkah antisipasi sejak jauh hari.

"Untuk penerbangan sudah diskrining karena harus PCR atau antigen. Namun yang perjalanan darat bisa jadi skriningnya agak longgar, karena itu kita menggunakan sistem pertahanan di tingkat RT," terangnya.

3. Tetap kejar cakupan vaksinasi

Dinkes Balikpapan Siapkan Antigen Gratis di Puskesmas sampai JanuariWali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud (tengah) dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty (kanan) (IDN Times/Hilmansyah))

Ditambahkan Dio juga, vaksinasi akan terus digencarkan untuk cegah terjadinya gelombang ketiga COVID-19. Apalagi makin mendekati masa libur Natal dan tahun baru. Penurunan kasus positif di Kota Balikpapan belakangan ini diharapkan tidak membuat masyarakat lengah.

Apalagi selama beberapa waktu kasus harian kerap nihil atau nol. Sehingga ia meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan demi menekan terjadinya kasus. 

"Kami meminta pada masyarakat yang sempat tertunda dosis duanya, silakan mendatangi sentra vaksinasi jika ada panggilan vaksin," katanya. 

Untuk informasi juga, pada Selasa, Rabu dan Kamis (21, 22, dan 23 Desember) akan dilangsungkan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di di Gedung Kesenian, Jalan Syarifuddin Yoes, pukul 08.00 sampai 15.00 Wita.

"Silakan cek link pendaftaran di di Instagram Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dan siapkan syarat-syaratnya," tandasnya. 

Baca Juga: Operasi Jaran 2021, Jajaran Polresta Balikpapan Bekuk Pelaku Curanmor 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya