Pekan Depan, Warga KTP Luar Balikpapan akan Terima Suntikan Vaksinasi 

Penerima vaksin harus penuhi syarat dahulu

Balikpapan, IDN Times - Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) terus menggencarkan vaksinasi COVID-19 di masa pandemik. Banyak masyarakatnya pun antusias untuk mendapatkan vaksin, termasuk para pendatang luar daerah yang bekerja atau menetap di Balikpapan. 

Sayangnya, selama ini kuota vaksin masih terbatas. Dinas Kesehatan (Dinkes) Balikpapan pun melakukan vaksinasi bertahap sesuai dengan prioritas. Mulai dari tenaga kesehatan, pelayanan publik termasuk guru, hingga kini masyarakat umum.

Namun karena masih banyak warga ber-KTP non Balikpapan yang belum terakomodasi maka masih banyak keluhan masyarakat karena belum bisa divaksin. Baru-baru ini Pemerintah Kota Balikpapan menyampaikan kabar gembira, bahwa rencananya akan digelar vaksinasi bagi warga luar daerah.

"Rencananya akan dilaksanakan pekan depan. Ini untuk menjawab keluhan warga dengan KTP non Balikpapan," kata Kepala Dikes Andi Sri Juliarty (27/8/2021). 

1. Berharap pekan depan vaksin bagi KTP non Balikpapan terlaksana

Pekan Depan, Warga KTP Luar Balikpapan akan Terima Suntikan Vaksinasi Pemberian vaksinasi masyarakat umum di DOME Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Diakuinya, selama ini cukup banyak masyarakat Non- KTP Balikpapan mengeluhkan tidak bisa mendapat vaksin Covid-19. "Mudah-mudahan minggu depan juga sudah bisa," ujarnya.

Saat ini, pihaknya masih dalam pembahasan berkaitan dengan rencana ini. Ia berharap rencana tersebut bisa terlaksana pekan depan.

Sebagaimana diketahui, vaksin bagi warga luar daerah sebenarnya sudah mulai dilakukan oleh Kementrian Kesehatan. Namun, terlebih dahulu diarahkan di Politeknik Kesehatan Samarinda, kemudian fasilitas layanan kesehatan TNI/POLRI.

"Untuk fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) Dinas Kesehatan ini kita sedang mengupayakan," terangnya.

Baca Juga: Awas, Musim Penghujan Datang dengan Ancaman Banjir di Balikpapan

2. Stok vaksin di Poltekes Balikpapan sudah ada pendaftarnya

Pekan Depan, Warga KTP Luar Balikpapan akan Terima Suntikan Vaksinasi Vaksinasi masyarakat umum Balikpapan di DOME Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Dio, sapaan Andi Sri Juliarty, juga menjelaskan, sebelumnya Poltekes Balikpapan juga sempat ingin menggelar vaksinasi warga luar daerah. Namun karena keterbatasan stok vaksin, hal ini masih urung dilakukan.

Stok yang ada, kata dia, terlebih dahulu diprioritaskan bagi para pendaftar. Sehingga, Dinkes Kota Balikpapan pun masih terus berupaya agar ada alokasi vaksin bagi KTP non Balikpapan. 

"Poltekes disini sudah menjawab, minggu ini belum bisa karena vaksin mereka ternyata sudah ada pendaftarnya," tandas Juru Bicara Satgas Covid-19 Balikpapan itu.

3. KTP non Balikpapan harus penuhi persyaratan sebelum divaksin

Pekan Depan, Warga KTP Luar Balikpapan akan Terima Suntikan Vaksinasi Warga menunggu antrean vaksinasi COVID-19 di Balikpapan Kaltim, Senin (9/8/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Dilanjutkannya, kendati akhirnya vaksin bagi KTP non Balikpapan dilaksanakan, menurut dia terlebih dahulu harus dilengkapi dengan beberapa syarat. Antara lain surat domisili yang menyatakan yang bersangkutan tinggal di Balikpapan. 

Persyaratan yang mesti dipenuhi juga bagi penerima vaksin dengan KTP non Balikpapan juga surat keterangan dari tempat kerja.

Menurut Dio, jika memang di Balikpapan karena bekerja, maka penerima vaksin harus menunjukkan bukti tersebut.

Untuk vaksin KTP non Balikpapan ini, lanjutnya, lebih baik jika dilaksanakan tersentral. Sehingga menurutnya pelaksanaan kemungkinan di sentra vaksinasi Balikpapan yaitu BSSC Dome. "Kami terus komunikasikan yang jelas, kepastiannya," tandasnya. 

Baca Juga: Pandemik Panjang, Pemuda Balikpapan Nekat Curi Panel Surya Jalanan 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya