Haul Guru Zuhdi di Banjarmasin Menyisakan 15 Ton Sampah

Relawan dan mahasiswa ikut memunguti sampah

Banjarmasin, IDN Times - Prosesi haul Guru Zuhdiannor atau Guru Zuhdi di Masjid Jami Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (30/3/2023) tadi malam menyisakan sampah. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin berhasil mengumpulkan 15 ton sampah sisa-sisa kemasan makanan masyarakat. 

Petugas kebersihan mengumpulkan sampah tersebut dengan dibantu, relawan, mahasiswa, panitia, hingga masyarakat sekitar. 

1. Sampah dikumpulkan dibantu masyarakat dan relawan

Haul Guru Zuhdi di Banjarmasin Menyisakan 15 Ton SampahKepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Alive Yoesfah Love.

Kepala Dinas LH Kota Banjarmasin Alive Yoesfah Love mengatakan, petugas kebersihan langsung melakukan pembersihan sampah prosesi haul tersebut pukul 11.15 Wita. Sampah-sampah ini terlebih dahulu dikumpulkan kantong sampah. 

Mereka pun melakukan pembersihan sisa-sisa sampah hingga dini hari di mana terkumpul hingga 15 ton sampah. 

"Pengangkutan sampah termasuk cepat, karena dibantu masyarakat serta relawan yang berada di sekitar acara dan kami mengucapkan terima kasih atas itu," katanya saat ditemui di ruangan kerjanya, Jumat (31/3/2023).

Baca Juga: Pemkot Banjarmasin Klaim Masih Membutuhkan Tenaga Honorer

2. Sekitar 50 ribu jamaah padati kawasan Masjid Jami

Haul Guru Zuhdi di Banjarmasin Menyisakan 15 Ton SampahSuasana jamaah haul ke-3 Guru Zuhdi di Jalan Masjid Jami.

Seperti diketahui, prosesi haul Guru Zuhdi berlangsung sakral dihadiri setidaknya 50 ribu anggota masyarakat. Tua, muda, anak-anak bersama-sama mendoakan ulama karismatik Banjarmasin ini pada haul ketiganya.

Ramainya prosesi haul ini akhirnya yang membuat sampah menggunung di sekitar area masjid. Truk-truk DLH Banjarmasin terlihat bolak-balik mengangkut tumpukan sampah di sekitar acara. 

3. Mapala Uniska jadi relawan pungut sampah

Haul Guru Zuhdi di Banjarmasin Menyisakan 15 Ton SampahSejumlah relawan dari Mapala Uniska berjibaku membersihkan sampah di arean haul Guru Zuhdi.

Sementara itu, salah satu tim relawan dari Mapala Uniska Banjarmasin Tri Cahyono mengaku memunguti sampah setelah. Meskipun begitu, ia senang bisa menjaga kebersihan sekaligus mencari amal dan keberkahan di bulan Ramadan. 

Bersama 10 rekannya, Tri memunguti sampah hingga pukul 00.00 Wita. Bersamaan pula membagikan takjil kepada para jamaah Masjid Jami Banjarmasin yang akan puasa. 

"Kami senang bisa bantu-bantu, mulai dari membagi takjil hingga memunguti sampahnya di momentum haul Guru Zuhdi. Semoga tahun depan kita bisa berkontribusi lagi," bebernya.

4. Dukungan Pemkot puluhan petugas kebersihan dikerahkan

Sementara itu, Kabid Kebersihan DLH Kota Banjarmasin Marzuki mengaku sudah mempersiapkan armada sampah selama haul Guru Zuhdi di Masjid Jami Sungai Jingah Banjarmasin Utara.

Yakni, 3 unit truk, 2 pikap, 3 unit sepeda motor Tossa, hingga 20 bak sampah.  

"Antisipasi membeludaknya sampah saat gelaran haul, kami menyiapkan armada dan puluhan petugas kebersihan," katanya. 

Selama prosesi haul, DLH Banjarmasin menyiapkan 3 titik pengumpulan sampah, di belakang masjid, samping jembatan Sei Mesa, dan Jalan Malkon Temon. 

Baca Juga: Pasar Wadai Malah Menyumbang Lonjakan Sampah Plastik di Banjarmasin

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya