Lebih dari Setengah Penduduk Banjarmasin Menderita Asma

YAI siap gelar senam asma sebulan sekali

Banjarmasin, IDN Times - Hari Asma Sedunia yang diperingati setiap 2 Mei di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) digelar dengan senam asma bersama, Jumat (12/5/2023). Terdiri Yayasan Asma Indonesia Kota Banjarmasin, masyarakat, ASN, dan tenaga kesehatan di Balai Kota Banjarmasin. 

Senam asma memiliki gerakan tersendiri khusus untuk menangani risiko penyakit asma.

1. Senam asma dapat cegah risiko gejala asma

Lebih dari Setengah Penduduk Banjarmasin Menderita AsmaSenam asma pertama di Banjarmasin.

Ketua Yayasan Asma Indonesia Kota Banjarmasin M Ramadhan mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pihaknya itu merupakan event yang pertama digelar, setelah pengurus baru resmi dilantik bulan lalu. 

Katanya, senam asma yang laksanakan, setidaknya dapat mengedukasi masyarakat yang memiliki penyakit gangguan pernafasan itu. Jadi setelah ini bisa saja dilakukan sendiri di rumah masing-masing.

"Dengan senam asma ini dapat melatih warga melatih pernafasan lebih baik. Karena dengan ini otot pernafasan bisa lebih baik mengambil oksigen yang cukup dan dapat mengurangi risiko asma," ujarnya.

Baca Juga: Banjarmasin Mendata Setengah dari Wilayahnya Masuk dalam Kawasan Kumuh

2. YAI kota siap gelar senam asma per bulan

Lebih dari Setengah Penduduk Banjarmasin Menderita AsmaKetua YAI Kota Banjarmasin, M Ramadhan

Setelah ini, lanjut Ramadan, pihaknya akan rutinkan melakukan senam asma bersama masyarakat minimal sebulan sekali. Karena penyakit asma yang kini diderita sekitar 200 juta jiwa di Indonesia, ia berani memastikan di Banjarmasin banyak yang memiliki penyakit tersebut.

"Kalau berdasarkan data penelitian ada 200 juta kasus asma di Indonesia Kalau di Banjarmasin belum ada data pasti, namun diperkirakannya sekitar 60 persen penduduk Banjarmasin menderita asma," ujarnya.

Meskipun itu, asma bisa diobati dan bisa dikendalikan, namun harus bisa diimbangi oleh olahraga dan kebiasaan hidup sehat oleh yang menderita ataupun yang tidak menderita sebagai langkah antisipasi," tutupnya.

"Hadirnya YAi memang untuk mengedukasi masyarakat mengurangi risiko asma yang dialami. Karena ada asma yang sulit sembuh namun bisa diatasi, misalnya asma turunan dari orang tuanya," katanya.

3. Wali Kota Banjarmasin minta senam asma dilanjutkan

Lebih dari Setengah Penduduk Banjarmasin Menderita AsmaWalikota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, kegiatan asma akan membantu masyarakat. Sekaligus sebagai bentuk kegiatan pencegahan asma bagi masyarakat Banjarmasin. 

"Dari senam asma ini, kita perkenalkan gerakkannya, diharapkan bisa bermanfaat di masyarakat," kata Ketua Yayasan Asma Indonesia Provinsi Kalsel.

Ibnu meminta jajarannya menggaungkan pelaksanaan senam asma kepada masyarakat. Lewat instansi Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, puskesmas, dan Kormi agar masyarakat makin memahami arti penting senam asma. 

Baca Juga: Fokus Banjarmasin dalam Menggalakkan Pembangunan Wilayah Terujung

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya