PPDB SMP di Banjarmasin Terkendala Internet dan Pengetahuan Orangtua 

Gaptek dan jaringan internet jadi perhatian

Banjarmasin, IDN Times - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah dibuka sejak 12 Juni 2023 lalu. 

Yakni jalur afirmasi dan prestasi. 

Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin memiliki catatan proses pendaftaran para siswa yang kerap terkendala persoalan jaringan internet hingga kemampuan informasi teknologi dimiliki masing-masing orangtua. 

1. Gangguan internet karena banyak dibuka bersamaan

PPDB SMP di Banjarmasin Terkendala Internet dan Pengetahuan Orangtua Pelaksanaan PPDB di salah satu SMP di Banjarmasin.

Kadisdik Kota Banjarmasin Nuryadi mengatakan, persoalan jaringan internet dan kemampuan IT masing-masing orangtua memang selalu jadi kendala. 

Seperti kali ini di mana terjadi gangguan jaringan internet saat terjadi lonjakan signifikan mereka yang membuka website PPDB Banjarmasin. Menurut Nuryadi, hal tersebut masih dalam kewajaran. 

"Hari pertama dibukanya PPDB sempat terkendala jaringan. Tapi itu sebentar saja dan wajar karena banyak yang membuka website secara bersamaan," tuturnya.

Baca Juga: Musim Mahasiswa Baru, ULM Banjarmasin Pasang Pengumuman Anti KKN

2. Ortu yang gaptek tetap dilayani

PPDB SMP di Banjarmasin Terkendala Internet dan Pengetahuan Orangtua Kadisdik Kota Banjarmasin, Nuryadi

Kemudian soal pemahaman IT orangtua atau istilahnya gaptek, Nuryadi mengaku sudah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi. Seperti tetap menyediakan proses pendaftaran secara manual di masing-masing sekolah. 

Hal tersebut tetap dilakukan, meskipun Disdik Banjarmasin sudah menyosialisasikan pendaftaran online kepada masyarakat. 

"Kita sudah sosialisasikan, tapi masih ada orang tua kesulitan. Tapi tidak masalah, datang langsung ke sekolah karena setiap sekolah kita siapkan petugas untuk membimbing orang tua yang hendak mendaftar," ucapnya.

3. Hari pertama PPDB masuk 440 orang

PPDB SMP di Banjarmasin Terkendala Internet dan Pengetahuan Orangtua Ilustrasi pendaftaran secara online PPDB siswa. Foto dok

Nuryadi mengungkapkan di hari pertama pendaftaran di jalur afirmasi dan prestasi terhimpun data calon siswa yang masuk sekitar 440 orang. 

Jumlah itu terdiri dari 249 calon siswa di jalur afirmasi. Kemudian jalur prestasi yakni akademik ada 180 orang dan non akademik 47 orang untuk calon siswa.

Pendaftaran PPDB jalur zonasi dan perpindahan orang tua mulai dibuka pada tanggal 15 Juni hingga 17 Juni 2023. 

Pengumuman hasil seleksi jalur zonasi dan perpindahan orang tua keluar pada tanggal 20 Juni 2023 nanti. Sementara calon siswa yang dinyatakan lulus di sekolah pilihan, bisa melakukan daftar ulang secara online mulai tanggal 20 Juni hingga 22 Juni 2023.

Baca Juga: Banjarmasin Sengketa Aset Tanah 10 Ribu Meter Persegi dengan Warga

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya