Optimalkan PADes, DPMD Kutim Gelar Penguatan Kapasitas Aparatur 

Diikuti 117 peserta dan dihadiri empat narasumber

Sangatta, IDN Times – Belum optimalnya pengelolaan keuangan dan aset desa serta masih rendahnya Pendapatan Asli Desa (PADes) yang dimiliki dan dikelola oleh desa, maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Selasa (18/6/2019) bertempat di ruang Meranti, Kantor Bupati, menggelar kegiatan sebagai upaya Penguatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa untuk meningkatkan PADes, yang diikuti 177 peserta.

1. Tujuan digelarnya Penguatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa

Optimalkan PADes, DPMD Kutim Gelar Penguatan Kapasitas Aparatur IDN Times/Humas Pemkab Kutim

Kepala DPMD Kutim Suwandi mengatakan kegiatan itu merupakan tindak lanjut dari penetapan UU No 6 tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan pelaksanaannya menuntut pemerintah Kabupaten untuk melakukan pembinaan dalam bentuk peningkatan kapasitas bagi penyelenggara Pemerintah Desa. Serta untuk memotivasi Kepala Desa dan Ketua BPD dalam wilayah Kabupaten Kutim agar lebih mengoptimalkan dan meningkatkan PADesnya sehingga mampu mandiri.

“Dengan penguatan kapasitas aparatur pemerintah desa untuk meningkatkan PADes, diharapkan pengelolaan keuangan desa menjadi lebih optimal,” ujarnya.

2. Capaian yang ingin dihasilkan dari gelaran kegiatan ini

Optimalkan PADes, DPMD Kutim Gelar Penguatan Kapasitas Aparatur IDN Times/Humas Pemkab Kutim

Dikatakan Suwandi, hasilnya yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan pemahaman peserta terhadap aturan-aturan yang terkait tentang pemerintah desa. Khususnya dalam pengelolaan keuangan aset desa untuk meningkatkan PADes, sehingga dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dapat berjalan secara optimal dan dapat dipertanggung jawabkan secara benar.

3. Topik yang menjadi pembahasan oleh beberapa narasumber terkait

Optimalkan PADes, DPMD Kutim Gelar Penguatan Kapasitas Aparatur IDN Times/Humas Pemkab Kutim

Adapun narasumber dari kegiatan tersebut, dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa tentang menggali potensi desa untuk mewujudkan desa mandiri oleh Kabid Sosial Budaya Masyarakat Abdul Muluk. Menggerakkan ekonomi desa melalui badan usaha milik desa secara berkelanjutan oleh Kabid Usaha Ekonomi Desa Wenadianto. Kemudian, Kepala Desa Suka Maju, Muhammad Rosidi dan Sekdes Suka Maju terkait keberhasilan dalam pengelolaan PADes melalui lahan kas desa.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya