Maksimalkan Perekaman KTP Elektronik, Disdukcapil Kaltim Akan ke Kutim

Disdukcapil Kutim akan dibantu 9 kabupaten/kota

Sangatta, IDN Times - Melihat banyak warga Kutai Timur (Kutim) belum melakukan perekaman KTP Elektronik (KTP-el) yang mencapai 51 ribu jiwa, Disdukcapil Kaltim direncanakan datang ke Kutim untuk membantu Disdukcapil Kutim melaksanakan perekaman massal KTP-el.

Kepala Disdukcapil Kutim, Januar HPLA menyampaikan langsung hal tersebut. Menurut Januar, rencananya 9 kabupaten/kota di Kaltim, seperti dari Berau, Bontang, dan Samarinda turut terjun ke lapangan.

“Nantinya akan ditempatkan langsung di setiap kecamatan untuk melakukan perekaman di bawah komando Disdukcapil Kutim,” kata Januar.

1. Perekaman KTP Elektronik menunggu keputusan dari Pemprov Kaltim

Januar menambahkan, terkait kapan waktu pelaksanaannya, pihaknya masih menunggu keputusan dari Pemprov Kaltim, apakah bisa dilaksanakan di Juli atau Agustus mendatang. 

“Kita masih menunggu arahan dan mekanisme teknisnya dari Disdukcapil Kaltim. Namun, kami juga antisipasi jika dilaksanakan pada Agustus dikhawatirkan bentrok dengan agenda 17-an. Untuk itu masih dalam proses mencari waktu yang tepat,” tutur Januar.

Januar melanjutkan, selama ini yang menjadi hambatan dalam melakukan perekaman KTP-el ialah masalah anggaran yang terlalu kecil sehingga tidak mampu menjangkau biaya operasional ke lapangan untuk melakukan perekaman KTP-el. Terlebih wilayah Kutim cukup luas dan jarak antarkecamatannya juga terbilang jauh.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya