Dinkes Balikpapan Screening HIV pada 20 Ribu Orang selama 2023

317 orang dinyatakan positif HIV

Balikpapan, IDN Times -  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan telah melakukan screening Human Immunodeficiency Virus (HIV) sebanyak 20 ribu orang sepanjang tahun 2023.

"Dari hasil screening itu, kami temukan ada 317 orang yang positif HIV,"  kata Ketua tim kerja pencegahan dan pengendalian penyakit menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan, Dewa Gede Dony Lesmana seperti dikutip dari ANTARA pada Sabtu (27/1/2024).

1. Menurun dibandingkan 2022

Dinkes Balikpapan Screening HIV pada 20 Ribu Orang selama 2023ILUSTRASi HIV

Dia menyebutkan jumlah tersebut  menurun sebanyak 21 kasus, jika dibandingkan penderita tahun 2022 sebanyak 338 kasus. Dari ratusan kasus tersebut, jika ditarik ke tingkat kecamatan, penyebaran HIV paling banyak terdapat di Kecamatan Balikpapan Kota.

"Ini berdasarkan data kami dari Dinkes Balikpapan," ujarnya.

Dony  mengatakan pengidap HIV di Balikpapan rata-rata masih di usia produktif, atau sekitar usia 25 hingga 49 tahun. Didominasi oleh jenis kelamin laki-laki. Menurutnya pengidap HIV biasanya disebabkan berbagai faktor, seperti seks sesama jenis dan pekerja seks.

Baca Juga: Samarinda Kucurkan Stimulus Rp100 Juta per RT Pengembangan UMKM   

2. Ada yang berasal dari luar Balikpapan

Dinkes Balikpapan Screening HIV pada 20 Ribu Orang selama 2023ilustrasi virus HIV (commons.wikimedia.org/BruceBlaus)

Dia mengemukakan, meski kasus HIV  terdeteksi di Kota Balikpapan, namun sejumlah pasien tersebut tak semua berasal dari Kota  Balikpapan. Dia menbatakan ada pun upaya pencegahan penyakit menular itu dilakukan secara menyeluruh oleh Dinkes Balikpapan dengan harapan dapat memutus rantai penularan.

"Mereka warga luar, tapi tes di sini (Balikpapan), ada yang dari Kabupaten Penajam, dan beberapa kota lainnya," ungkapnya.

3. Layanan screening HIV

Dinkes Balikpapan Screening HIV pada 20 Ribu Orang selama 2023ilustrasi terapi HIV (pix4free.org/Nick Youngson)

Dony menuturkan upaya pencegahan, pertama menggencarkan tes. Jadi jika ditemukan terkonfirmasi positif, maka langsung dilakukan penanganan sama dengan penggunaan alat kontrasepsi sebagai langkah pencegahan.

Kemudian yang kedua, Dinkes Balikpapan menambah layanan khusus HIV. Sejak tahun 2021 hanya memiliki tiga layanan, kini sudah ada 23 layanan atau bertambah 20 layanan.

"Artinya mereka bisa berobat di Puskesmas, bisa di rumah sakit, bisa di swasta dan negeri," ujar Dony.

Baca Juga: Komitmen Balikpapan dalam Penanggulangan Sampah di Pantai

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya