KPU Paser Usulkan Anggaran Pemilukada Rp44,9 Miliar

30 persen anggaran dialokasikan pada tahun 2023

Paser, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser telah mengusulkan anggaran sebesar Rp44,9 miliar kepada pemerintah daerah setempat untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak tahun 2024. 

“Usulan anggaran tersebut sudah diserahkan kepada Bappedalitbang Paser pada akhir April 2022 untuk penyelenggaraan Pilkada, " kata Ketua KPU Paser Abdul Qayyim Rasyid seperti dikutip dari Antara, Sabtu (21/5/2022).

1. Dibagi dua tahun anggaran

KPU Paser Usulkan Anggaran Pemilukada Rp44,9 MiliarIlustrasi anggaran (ladypinem.com)

Abdul Qayyim Rasyid mengatakan, KPU Paser diminta oleh Bappedalitbang Paser untuk menyerahkan usulan. Sebab anggaran tersebut akan dimasukkan dalam perencanaan anggaran di Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Dari jumlah anggaran yang diusulkan tersebut, lanjut Qayyim, kemungkinan pencairannya akan dibagi menjadi dua tahun anggaran. Yakni 30 persen anggaran di tahun 2023 dan 70 persen di tahun 2024.

Qayyim menjelaskan, tiga puluh persen anggaran di tahun 2023  digunakan  untuk tahapan pelaksanaan persiapan. seperti launching tahapan, sosialisasi dan perekrutan adhoc.

Baca Juga: 10 Toko Alat Musik di Samarinda Kualitas Terbaik dan Lengkap

2. Ada honorarium adhoc

KPU Paser Usulkan Anggaran Pemilukada Rp44,9 MiliarIlustrasi uang rupiah (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Pada tahun 2024,  sisa alokasi anggaran diperuntukkan kegiatan pengadaan logistik, pembayaran honorarium adhoc, perekrutan panitia pemungutan suara (PPS), serta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Dari total anggaran yang kami usulkan, 37 persen saja untuk honorarium adhoc. Pada Pilkada sebelumnya, kami merekrut sekitar tujuh ribu adhoc,"  kata Qayyim.

Setelah KPU Paser mengusulkan anggaran, tahapan selanjutnya adalah asistensi  anggaran bersama Bappedalitbang dan Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD).

"Pada saat asistensi  nanti, KPU Paser akan menjelaskan untuk apa saja anggaran akan digunakan," tuturnya.

3. Program disesuaikan berdasarkan anggaran

KPU Paser Usulkan Anggaran Pemilukada Rp44,9 Miliarwww.car.co.id

Dikemukakannya, KPU memiliki petunjuk atau aturan dalam menyusun anggaran untuk pelaksanaan setiap item kegiatan.

Qayyim menambahkan, jika anggaran yang diusulkan tidak diakomodir semuanya, maka KPU akan mengurangi volume tanpa mencoret item kegiatan. Misalnya sosialisasi yang tadinya direncanakan di 10 kecamatan, akan disesuaikan di beberapa kecamatan tertentu saja. 

Baca Juga: 10 Toko Bunga di Samarinda yang Rekomended Masih Segar untuk Acara

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya