Tak Cuma Migas, ini 5 Potensi Industri Lain di Balikpapan

Potensi ini perlu terus dipoles supaya makin maju

Balikpapan, IDN Times - Perekonomian utama Balikpapan ada pada sektor industri minyak dan gas.  Meskipun sumber minyak bumi dan gas masih cukup lama baru akan habis di Kalimantan, kota Balikpapan harus berusaha agar tak lagi terlalu tergantung pada sektor migas saja.

Balikpapan telah berupaya menggali potensi industri lain di luar sektor minyak dan gas, terutama pada industri pada sumber daya yang terbaharui (renewable resources).

Inilah beberapa industri potensial di Balikpapan dari sektor nonmigas:

1. Balikpapan kaya akan potensi perikanan

Tak Cuma Migas, ini 5 Potensi Industri Lain di Balikpapanunsplash/ @ph_an_tom

Kamu suka makan seafood? Balikpapan gudangnya kuliner seafood yang lezat. Posisi Balikpapan di pesisir laut membuat daerah ini kaya akan hasil laut. Selain untuk sumber daya perikanan, laut juga dapat dimanfaatkan untuk fungsi ekonomi lainnya seperti: jasa transportasi dan pelabuhan, rekreasi, pariwisata, juga pertambangan. Prospek pasar dari hasil laut juga sangat baik dan banyak menyerap tenaga kerja.

Luas pengelolaan laut Balikpapan mencapai 160.10 km persegi. Sementara, untuk wilayah budidaya perikanan di Balikpapan ada di perairan Kariangau sampai Manggar, Teritip, dan Lamaru. Ikan yang dibudidayakan antara lain: bandeng, berbagai jenis ikan kerapu, serta udang, dan jenis kerang-kerangan

Baca Juga: Industri Tekstil Didorong Miliki Sistem dan Produk Ramah Lingkungan 

2. Tahun 2019 ini Balikpapan akan fokus mengembangkan industri kreatif

Tak Cuma Migas, ini 5 Potensi Industri Lain di Balikpapanunsplash/ @fikrirasyid

Menyadari potensi gas dan minyak bumi yang semakin minim di bumi Kalimantan ini, pemerintah Balikpapan juga akan memperkuat industri kreatif, seperti start-up aplikasi dan game. Kehadiran start-up digital ini diharapkan mampu menggerakkan perekonomian Balikpapan. Industri ini menyasar anak-anak muda kreatif sebagai produsen sekaligus sebagai users.

3. Potensi ekowisata juga bisa terus dikembangkan

Tak Cuma Migas, ini 5 Potensi Industri Lain di BalikpapanIDN Times/ Mela Hapsari

Balikpapan punya potensi ekowisata yang besar. Ekowisata atau kegiatan wisata yang berwawasan lingkungan, konservasi alam, pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal, dan pendidikan. Contohnya adalah: Hutan Lindung Sungai Wain, Kebun Raya Balikpapan, Mangrove Centre Graha Indah Balikpapan, dan lokasi lain yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta.

Selain itu, Balikpapan juga punya sejumlah pantai yang indah yang potensial untuk wisata bahari, seperti di Pantai Manggar Segara Sari, Pantai Lamaru, dll. Jika dikelola dengan baik tentu akan mendatangkan lebih banyak wisatawan ke Balikpapan yang berdampak positif pada tingkat hunian hotel, kuliner, wisata belanja, dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

4. Sektor pertanian juga mampu mendulang rupiah di Balikpapan

Tak Cuma Migas, ini 5 Potensi Industri Lain di Balikpapanpinterest/KPD Kaltim

Sektor pertanian juga dapat menjadi andalan kota Balikpapan. Komoditas khas Balikpapan pada sektor pertanian adalah pepaya mini, salak, nanas, buah naga, dan karet. 

5. Cocok banget nih buat kamu yang suka perhiasan

Tak Cuma Migas, ini 5 Potensi Industri Lain di Balikpapantripadvisor.co.id

Balikpapan juga memiliki industri manik-manik dan batu permata. Kalimantan  populer sebagai pulau penghasil batu akik dan permata.
Kalau kamu suka manik-manik dan batu permata, kunjungilah Pasar Inpres Kebun Sayur. Aneka macam perhiasan dari manik-manik, akik, hingga batu permata yang ditawarkan di sini pasti bikin kamu lapar mata.

 

Baca Juga: Airlangga: Industri Manufaktur Meningkat Usai Pemilu

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya