Gak Pakai Duit, Bus Sekolah ini Bayarnya  Sampah Botol Plastik

Masih tahap uji coba, khusus pelajar

Balikpapan, IDN Times - Ada yang baru di Balikpapan. Saat ini sedang dilakukan uji coba bus sekolah yang cara bayarnya tak pakai uang, tapi sampah botol plastik. Belum menjangkau seluruh kota, sementara para pelajar yang bisa menumpang bus ini masih terbatas di wilayah Balikpapan Timur.

Dilansir instagram pemkot_balikpapan, para pelajar yang ingin naik bus ini bisa menggunakan botol plastik yang ditukar dengan tiket bus di sekolah.

1. Rute bus sekolah

Gak Pakai Duit, Bus Sekolah ini Bayarnya  Sampah Botol Plastikinstagram/pemkot_balikpapan

Rute bus sekolah ini pagi saat jam berangkat sekolah dimulai dari UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB)  Batakan ke arah Embarkasi Haji.

Sementara untuk sore hari atau pulang sekolah, bus akan start dari UPT PKB menuju ke arah SMKN 1 Balikpapan dan memutar ke Embarkasi Haji

Baca Juga: 5 Hal Unik tentang Philtrum yang Mungkin Gak Kamu Pelajari di Sekolah

2. Mengurangi kemacetan, sampah, dan polusi

Gak Pakai Duit, Bus Sekolah ini Bayarnya  Sampah Botol Plastikinstagram/pemkot_balikpapan

Bus sekolah berbayar botol plastik bekas ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan, polusi udara, dan juga sampah plastik yang berbahaya untuk bumi. Selain itu juga untuk mengurangi tingkat kecelakaan, lebih aman, nyaman, efisien dan hemat biaya serta dapat menjadi media sosialisasi antar pelajar di Balikpapan.

Uji coba bus sekolah ini dimulai sejak Rabu (20/6), untuk sementara pelajar yang belum memiliki tiket bus dapat menaiki bus secara gratis. Cara mendapatkan tiket bus ini adalah dengan menukarkan botol plastik bekas ke sekolah. Satu tiket bisa didapatkan dengan menukarkan 2 botol plastik 1500 ml, atau 3 botol plastik 600 ml.

Baca Juga: Disdikpora Jamin Semua Siswa Bisa Sekolah

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya