Kental Nuansa Tiongkok, Misa Malam Natal di Gereja Santa Theresia 

Kapolda Kaltim dan Pangdam VI/Mulawarman meninjau 12 gereja

Balikpapan, IDN Times - Misa Malam Natal di Gereja Santa Theresia di Kelurahan Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota dirayakan kental dengan nuansa Tiongkok, pada Selasa (24/12).

Pastor Paroki Gereja Santa Theresia Frans Huvang Hurang mengatakan, perayaan natal dengan nuansa Tiongkok ini untuk menggambarkan gereja bukan milik etnis tertentu. Gereja adalah universal.

“Kita bernuansa merah-merah itu nuansa Tiongkok (Mandarin), ini menggambarkan jika gereja itu bersifat universal bukan milik etnis tertentu,” ujarnya.

1. Nuansa China terlihat dari berbagai ornamen hingga busana jemaah

Kental Nuansa Tiongkok, Misa Malam Natal di Gereja Santa Theresia Nuansa adat Tionghoa pada misa malam Natal di Gereja Santa Theresia Balikpapan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Nuansa adat China terlihat kental dari berbagai ornamen yang ada di gereja, hiasan, bahkan pada jemaah pun mengenakan baju khas adat Tionghoa.

Frans Huvang mengatakan budaya Tiongkok dipilih untuk menghormati perayaan Natal kali ini sebagai sarana menyampaikan pesan dari Sang Pencipta bahwa seluruh umat manusia di bumi ini adalah saudara.

Menurutnya, tema Natal yang diangkat adalah bersahabat dengan semua orang. "Persaudaraan dan perdamaian kita andalkan dalam Natal ini," ujar Frans Huvang. 

Ia juga berpesan kepada ribuan jemaah yang hadir pada misa ini, agar tidak ada lagi perpecahan, perkelahian, penghinaan sesama umat di dunia.

Baca Juga: Jelang Natal, Polda Kaltim Amankan Gereja dan Siapkan 2 Ribu Personel

2. Kapolda Kaltim dan Pangdam VI/Mulawarman mengunjungi gereja-gereja

Kental Nuansa Tiongkok, Misa Malam Natal di Gereja Santa Theresia Kapolda Kaltim dan Pangdam VI/Mulawarman mengunjungi gereja-gereja saat malam Natal (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, untuk pengamanan perayaan Natal, Kapolda Kaltim Irjen Pol. Muktiono dan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto beserta Forkopimda Kota Balikpapan, memantau Misa Malam Natal pada dua belas gereja di Balikpapan.

Malam Natal di Balikpapan, Selasa (24/12) berjalan aman dan kondusif.

Salah satu yang dikunjungi adalah Gereja Santa Theresia. Pada tinjauan di malam Natal ini,  Kapolda Kaltim, Pangdam VI Mulawarman dan rombongan disambut oleh para pendeta, pengurus gereja, dan jemaah. Selain Gereja Santa Theresia, Kapolda Kaltim dan Pangdam VI/Mulawarman juga mengunjungi Gereja Maranatha di jalan Minyak.

3. Suasana kondusif, namun pengamanan ketat tetap dilakukan oleh aparat demi keamanan dan kenyamanan jemaah

Kental Nuansa Tiongkok, Misa Malam Natal di Gereja Santa Theresia Suasana malam natal di gereja (Dok.IDN Times/Istimewa)

Muktiono mengatakan perayaan Natal dijaga ketat oleh aparat keamanan, “Pelaksanaan misa natal dijaga oleh aparat kepolisian untuk memberikan kenyamanan dan keamanan saat pelaksanaan perayaan Natal," katanya.

Pengamanan tidak hanya dilakukan oleh aparat keamanan, tetapi juga oleh relawan dan masyarakat Balikpapan.

Selain itu, ia berharap agar pelaksanaan ibadah Natal pada Rabu (25/12) dapat berjalan dengan aman dan lancar. Muktiono menegaskan bahwa meskipun sejauh ini sejumlah gereja terpantau aman dan kondusif namun pengamanan oleh aparat akan terus berlangsung demi keamanan dan kenyamanan umat Nasrani saat melaksanakan ibadah.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Jadi Tradisi Tiap Perayaan Natal, Ini 5 Fakta Sejarah Pohon Natal

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya