KPU Balikpapan Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara

Semoga tak sampai berhari-hari rapatnya

Balikpapan, IDN Times - KPU Kota Balikpapan menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019, Minggu (5/5), di Hotel Le Grandeur, Balikpapan. 

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha, berharap proses rekapitulasi ini tidak sampai berhari-hari seperti di kota lain. Menurutnya, "Insha Allah kita berharap selambat-lambatnya nanti biasanya subuh nanti selesai. Balikpapan meski TPS banyak, kelurahannya cuma 34, kecamatannya 6. Bayangin kaya Samarinda itu DPT nya kurang lebih sama kita (Balikpapan), tapi kecamatannya 10, kelurahannya banyak. Nah ini yang membedakan," katanya optimis rapat pleno ini tidak akan terlalu lama. 

Baca Juga: KPU Targetkan Rekapitulasi Pemilu di Makassar Selesai 7 Mei

2. Berkas per kecamatan bisa 20 rim

KPU Balikpapan Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan SuaraIDN Times/ Mela Hapsari

Menanggapi lambatnya proses penghitungan suara pada Pemilu 2019 ini, Noor Thoha mengatakan, "Pileg DPRD kabupaten kota yang lama (penghitungannya). Memang lama karena parpolnya banyak, yang dihitung dan direkap banyak. Bayangin untuk merekap 1 kecamatan itu hampir 20 rim, lho. Itu berkas yang harus diselesaikan oleh mereka. Jadi disamping memang parpolnya banyak, berkasnya banyak, berkas yang ditanda-tangani banyak juga," kata Noor Thoha lebih lanjut

3. Proses rekapitulasi hasil penghitungan suara

KPU Balikpapan Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan SuaraIDN Times/ Mela Hapsari

Proses rekapituasi penghitungan suara tiap kota ini, KPU akan membacakan hasil penghitungan suara dari kecamatan, yaitu Pemilihan Presiden/ Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota. 

Proses pembacaan ini tidak harus berurutan antar kecamatan, "Yang masuk duluan diplenokan. Nunggu komplet semua nanti gak jalan-jalan. Apalagi ada aturan baru ini dalam hal PPK kecamatan belum menyelesaikan plenonya maka diselesaikan paling lambat tanggal 7 mei, " jelas Noor Thoha.

KPU Balikpapan merekap hasil penghitungan suara tingkat kecamatan menjadi rangkuman hasil untuk tingkat kota. Hasil dari rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota Balikpapan ini  kemudian akan dibawa ke KPU Provinsi Kalimantan Timur.

4. Pengamanan rapat pleno cukup ketat

KPU Balikpapan Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan SuaraDok. pribadi/ Sardi

Menurut pantauan IDN Times, hingga siang ini rapat pleno berjalan lancar. Pengamanan cukup ketat dimana sekitar 600 aparat gabungan TNI/ Polri berjaga di sekitar lokasi rapat pleno. Tamu dan media yang meliput pun mesti mengantongi id card khusus.

Saat pembukaan rapat pleno ini dihadiri oleh  Wali Kota Balikpapan dan unsur FKPD Kota Balikpapan. Selain itu rapat pleno juga diikuti oleh PPK, Bawaslu Kota Balikpapan, dan para saksi peserta pemilu, pemantau Pemilu, masyarakat, dan instansi terkait.

Menurut Ketua Bawaslu Balikpapan, Agustan, "Hasil rapat pleno penghitungan perolehan suara kota Balikpapan akan diumumkan melalui website KPU, di-upload dalam Situng KPU, serta diumumkan melalui media massa," katanya.  

Baca Juga: Hujan Protes Mewarnai Rekapitulasi Penghitungan Suara di KPU Tuban

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya