Logistik Meningkat, Angkasa Pura I Sosialisasi Regulasi Kepabeanan

Sektor logistik justru meningkat saat pandemik virus corona

Balikpapan, IDN Times - Pandemik virus corona ternyata tidak menurunkan potensi jasa pengiriman kargo, seperti di Bandara Sultan Aji Muhammad Sepinggan kargo terutama dari sektor logistik justru semakin meningkat. 

PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan menggelar acara sosialisasi "Refreshing Regulasi tentang Kepabeanan" dengan Bea Cukai Balikpapan guna meningkatkan pemahaman para pelaku logistik mengenai aturan kepabeanan.

Farid Indra Nugraha, General Manager Bandara SAMS Sepinggan mengatakan, "Melihat potensi di bandara yakni khususnya kargo saat ini meningkat kita perlu melakukan refreshing regulasi tentang kepabeanan," ujarnya di Gedung Serbaguna PT Angkasa Pura I Balikpapan, pada Rabu (22/7/2020).

1. Pelaku usaha sektor logistik agar memahami aturan yang berlaku

Logistik Meningkat, Angkasa Pura I Sosialisasi Regulasi KepabeananAcara Refreshing Regulasi tentang Kepabeanan, di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, 22 Juli 2020 (Dok. Humas Bandara SAMS Sepinggan)

Ia menjelaskan, acara sosialisasi ini menjadi sarana untuk para pelaku bisnis di sektor logistik mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya terkait aturan yang berlaku. 

“Kolaborasi Angkasa Pura I dengan Bea Cukai agar terus terjalin, semakin baik sama-sama mempersiapkan potensi yang ada. Mengingat saat sekarang ini, pandemi COVID-19 sedang melanda namun sektor logistik tidak berpengaruh malahan semakin meningkat," ujar Farid.

2. Pelayanan sektor logistik meningkat dibandingkan tahun 2019

Logistik Meningkat, Angkasa Pura I Sosialisasi Regulasi KepabeananIDN Times/Maulana

Ia menuturkan, "Data yang tercatat berbanding dengan tahun 2019 tidak ada penurunan, semoga dengan kegiatan ini bisa menjadi langkah bersama untuk memberikan layanan yg lebih baik lagi," ujar Farid.

Sementara data pelayanan sektor logistik di Bandara SAMS Sepinggan tercatat meningkat 3,7 persen pada periode 1-21 Juli 2020 yang melayani 2.669.186 kilogram sedangkan tahun 2019 hanya 2.574.746 kilogram. 

3. Bea Cukai mendukung upaya penyederhanaan pola pergerakan logistik

Logistik Meningkat, Angkasa Pura I Sosialisasi Regulasi KepabeananBandara SAMS Sepinggan Balikpapan (IDN Times/Maulana)

Sementara itu, Nangkok Pasaribu, Kasi Pelayanan Kepabeanan Cukai V mengapresiasi kegiatan untuk menyosialisasikan aturan kepabeanan ini. 

Nangkok mengatakan, "Kegiatan ini sebagai sinergi kami bersama Angkasa Pura I dan kami merasa sangat terbantu melalui inisiatif ini bisa bersosialisasi tentang penerapan aturan," jelasnya.

Ia juga menambahkan Bea Cukai terus mendukung upaya-upaya menyederhanakan pola pergerakan logistik agar lebih cepat. 

Untuk diketahui Bandara SAMS Sepinggan saat ini telah menerapkan sistem pelaporan tempat penimbunan sementara (TPS) berbasis online. Sistem ini bertujuan untuk memudahkan pengawasan dan mempercepat pelayanan masuk dan keluarnya barang, sehingga tidak memerlukan waktu lama saat validasi.

Baca Juga: Penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Keluhkan Tes Swab Bikin Repot 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya