Rahmad-Tohari Belum Final, Golkar Balikpapan Tunggu Putusan Pusat

Hasil penjaringan Golkar Balikpapan diumumkan Maret 2020

Balikpapan, IDN Times - Ketua DPD Partai Golkar Balikpapan Rahmad Mas’ud memastikan, hingga saat ini belum ada putusan resmi terkait pendampingnya menuju  Pilawali Balikpapan 2020. Meskipun demikian, berembus isu jika petahana Rahmad bakal berpasangan dengan Ketua DPC PDIP Balikpapan Tohari Azis menghadapi pesta demokrasi di Kota Minyak.

“Belum ada keputusan resmi dari partai, kita tunggu aja,” kata Rahmad saat diwawancari wartawan di SMAN 1 Balikpapan, Jumat (21/2).

Rahmad menjelaskan sesuai dengan mekanisme partai, pihaknya masih menunggu proses penjaringan bakal calon yang saat ini masih berjalan, untuk menentukan nama yang akan diusung dalam pencalonan kepala daerah di Pilwali Balikpapan.

 

1. Wacana PDIP masih menunggu sinyal dari Golkar

Rahmad-Tohari Belum Final, Golkar Balikpapan Tunggu Putusan PusatIDN Times/Istimewa

Ia pun menepis isu yang beredar bahwa proses penjaringan yang dilakukan oleh Partai Golkar hanyalah sebuah formalitas untuk meramaikan proses pilkada yang sedang berlangsung, karena sudah ada nama yang disiapkan dari pengurus pusat di kedua partai politik tersebut. Dirinya mengaku sangat menghargai apa yang telah dilakukan oleh PDIP, yang telah mengumumkan dirinya sebagai bakal calon wali kota berpasangan dengan Tohari Azis sebagai pasangan calon yang akan diusung dari partai berlambang banteng tersebut di pilkada. Namun keputusan tersebut masih belum menjadi ketetapan, karena Partai Golkar hingga saat ini belum ada membuat keputusan resmi terkait pasangan calon yang akan diusung di Pilkada Balikpapan.

“Sebenarnya itu ada sebuah surprise buat saya, karena sikap PDIP  yang mengumumkan saya sebagai calon wali kota berpasangan dengan Tohari Azis itu adalah kehormatan, namun hal itu belum menjadi keputusan final, karena masih menunggu keputusan dari Partai Golkar,” jelasnya.

2. Ada 20 nama yang bakal ikut penjaringan Partai Golkar

Rahmad-Tohari Belum Final, Golkar Balikpapan Tunggu Putusan PusatIDN Times/Istimewa

Sejak dibuka dari tanggal 17-18 Februari 2020 lalu, setidaknya ada 20 nama mengambil formulir di kantor DPD Golkar Balikpapan di Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan. Sejumlah nama yang sudah mengambil formulir tersebut di antaranya  Abriantinus dengan didampingi simpatisan ormas, Ahmad Rosidi bersama pengurus PPP dan NU, Ahmad Basyir bersama jajaran Partai Nasdem dan Tohari Aziz yang mengambil formulir dengan didampingi pengurus DPC PDIP Balikpapan. Sementara itu, dari internal partai Edy Alfonso sudah datang dari pagi juga mengambil formulir. Sementara itu, Benito Jago dari kalangan independen  juga datang mengambil formulir.

3. Hasil penjaringan partai diumumkan pada 5 Maret 2020

Rahmad-Tohari Belum Final, Golkar Balikpapan Tunggu Putusan PusatTim penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Balikpapan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Bila tak lepas dari jadwal, mereka yang sudah mengambil formulir ini akan mengembalikan formulir pada 25 Februari 2020 mendatang, setelah dilengkapi sejumlah persyaratan yang diminta sebagai tanda keseriusan untuk mendaftar sebagai bakal pasangan kepala daerah dari Partai Golkar.

Rahmad menjelaskan nama yang masuk dalam proses penjaringan akan disurvei untuk dikaji kelayakannya sebagai calon yang akan diusung dari Partai Golkar. “Nama-nama akan ditentukan dengan mekanisme penjaringan partai, rencananya 5 Maret 2020 akan diumumkan secara resmi,” tutupnya.

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya