Terus Menanjak, Jumlah Positif COVID-19 di Kaltim Bertambah 80 Kasus

Pasien COVID-19 meninggal bertambah setiap hari

Samarinda, IDN Times - Jumlah angka pasien COVID-19 di Kalimantan Timur terus menanjak setiap harinya. Kali ini, terdapat penambahan 80 kasus dari berbagai wilayah di Bumi Mulawarman. Diungkapkan Andi Muhammad Ishak, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim dalam rilis hariannya, Minggu (23/8/2020) malam ini, total pasien telah mencapai 1.301 kasus.

"Penularan masih begitu tinggi di Kaltim. Ada dua sebab, pertama karena berfungsinya tim surveilans dan kurang patuhnya masyarakat menerapkan protokol kesehatan," jelas Andi.

1. Enam kabupaten/kota di Kaltim sumbang 80 kasus COVID-19

Terus Menanjak, Jumlah Positif COVID-19 di Kaltim Bertambah 80 KasusAndi Muhammad Ishak, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim dalam rilis hariannya, Minggu, 23 Agustus 2020 (Dok. Dinkes Provinsi Kaltim)

Dari 80 kasus terkonfirmasi COVID-19 pada hari ini, Andi menyampaikan, ada enam kabupaten/kota se-Kaltim yang memberikan sumbangan kasus tersebut. Yakni 46 kasus dari Balikpapan, 24 dari Samarinda, 4 dari Kabupaten Kutai Timur (Kutim), 2 dari Kabupaten Berau dan 1 dari Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

"Selama vaksin dan obat belum ada, maka tidak ada cara lain untuk menjaga diri dengan protokol kesehatan di semua aktivitas sebagai langkah paling efektif memutus mata rantai penularan," tegasnya.

2. Sebanyak 14 kasus kematian COVID-19 juga terjadi di Kaltim hari ini

Terus Menanjak, Jumlah Positif COVID-19 di Kaltim Bertambah 80 Kasus(ilustrasi) Prosesi pemakaman pasien probable COVID-19 di pemakaman Nenang, Kabupaten Penajam Paser Utara dengan protokol COVID-19 (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Selain penambahan, lanjut Andi, kasus kematian akibat COVID-19 di Kaltim juga terus terjadi. Pada hari ini tercatat sedikitnya ada 14 kematian pasien. Yakni 11 kasus kematian dari Balikpapan dan 3 kasus kematian dari Samarinda.

"Terlihat eksistensi bahaya COVID saat ini terus meningkat dan semakin berat dampaknya hingga memberikan banyak kasus kematian," imbuhnya.

Baca Juga: Ledakan Kasus Corona di Kaltim, Sehari 198 Orang Terkonfirmasi Positif

3. Kasus pasien sembuh di Kaltim juga terus meningkat

Terus Menanjak, Jumlah Positif COVID-19 di Kaltim Bertambah 80 KasusRSUD Abdul Wahab Sjahranie di Jalan Palang Merah No.1, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu (Dok.IDN Times/Istimewa)

Meski penambahan terus terjadi, namun kasus kesembuhan COVID-19 juga turut mengimbangi. Kata Andi, pada hari ini terdapat 52 kesembuhan 4 pasien yang berasal dari Berau, 12 dari Kutim, 1 dari Paser, 14 dari Balikpapan, 5 dari Bontang dan 16 dari Samarinda.

"Kami ingatkan kembali agar terus waspada dan peduli minimal pada diri sendiri, agar tidak tertular dan menularkan. Maka dari itu penting rasanya agar kita semua disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya.

Baca Juga: Dominasi Pasien Tanpa Gejala, COVID-19 di Kaltim Bertambah 129 Kasus

Topik:

  • Mela Hapsari
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya