6 Ribu Pelaku UMKM di Balikpapan Dapat BLT Minyak Goreng 

Bantuan akan dibelikan kebutuhan jualan dan rumah tangga

Balikpapan, IDN Times - Sebanyak 6 ribu orang pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di antaranya pedagang kaki lima (PKL) atau warung mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng sebesar Rp300 ribu.

“Pemkot Balikpapan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 0905/Balikpapan terkait penyerahan bantuan sebanyak 6 ribu paket untuk 34 Kelurahan,” ujar Asisten II Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah (Sekda) Balikpapan Agus Budi Prasetyo, Kamis (19/5/2022). 

1. BLT minyak goreng sangat membantu pelaku UMKM

6 Ribu Pelaku UMKM di Balikpapan Dapat BLT  Minyak Goreng 6 Ribu Pelaku UMKM di Balikpapan Dapat BLT Minyak Goreng, Kamis (19/5/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Agus Budi mengatakan, bantuan ini tentunya sangat diperlukan khususnya bagi para pelaku usaha kecil seperti PKL dan warung. Apalagi kondisi saat ini ada kecenderungan bahan pokok mengalami kenaikan harga.

“Jadi 6 ribu warga yang mendapatkan bantuan ini berasal dari 34 kelurahan yang ada se Kota Balikpapan, di mana masing-masing kepala keluarga mendapatkan uang sebesar Rp300 ribu rupiah,” jelasnya.

Penyerahan bantuan ini dilakukan langsung Asisten II Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah (Sekda) Balikpapan Agus Budi Prasetyo didampingi Kasdim 0905/Balikpapan Letkol Inf Markuwat di aula Makodim 0905 Balikpapan. 

Baca Juga: Pencanangan BIAN di Balikpapan, Pemkot Kejar Capaian Imunisasi Anak

2. Diberikan bertahap per kelurahan

6 Ribu Pelaku UMKM di Balikpapan Dapat BLT  Minyak Goreng 6 Ribu Pelaku UMKM di Balikpapan Dapat BLT Minyak Goreng, Kamis (19/5/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Kasdim 0905/Balikpapan Letkol Inf Markuwat mengatakan, pemberian bantuan dilakukan secara bertahap untuk tiga kelurahan, yakni Kelurahan Klandasan Ulu 180 KK, Kelurahan Klandasan Ilir 175 KK, dan Kelurahan Damai 194 KK.

Tak hanya di Kodim 0905/Balikpapan, bantuan ini pun disalurkan di setiap Koramil dengan tujuan menghindari kerumunan. Selain itu juga untuk mendekatkan dengan tempat tinggal masyarakat. 

Adapun tujuan bantuan ini, membantu masyarakat untuk membeli minyak goreng khususnya bagi pedagang dan warung di seluruh Kelurahan di Kota Balikpapan.

"Mudah-mudahan bantuan ini dapat terus membantu masyarakat (Balikpapan,Red), apalagi harga minyak mulai naik. (bantuan, Red) ini untuk mengatasi itu," paparnya.

3. Bantuan akan dibelikan kebutuhan jualan dan rumah tangga

6 Ribu Pelaku UMKM di Balikpapan Dapat BLT  Minyak Goreng 6 Ribu Pelaku UMKM di Balikpapan Dapat BLT Minyak Goreng, Kamis (19/5/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Salah seorang penerima bantuan yang berasal dari Kelurahan Klandasan Ulir Ernawati mengungkapkan, rasa senang telah menerima bantuan ini. Pasalnya, bantuan ini dapat membantu untuk membeli bahan pokok seperti minyak goreng, tepung terigu.

"Belum pernah mendapatkan bantuan dan mendapatkan informasi ini dari Pak RT," ujar wanita yang sehari-hari berjualan kue kering dan basah di Pasar Baru.

Sedangkan persyaratan mendapatkan bantuan ini, cukup hanya memberikan foto barang dagangan beserta foto copy KK dan KTP.  Ia pun mendaftarkan diri untuk menerima bantuan ini.

Kemudian, dengan membawa KK dan KTP dirinya dapat menerima bantuan sebesar Rp 300 ribu di Kodim 0905/Balikpapan.

Baca Juga: Pertamina Paparkan Bisnis Kilang Balikpapan ke Perwira Siswa Seskoal 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya