Comscore Tracker

Balikpapan Luncurkan Rute Baru Angkot hingga Pemukiman Warga

Sudah 20 tahun tanpa penambahan rute baru di Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) meluncurkan jalur rute baru bagi angkutan kota (angkot). Angkot bernomor 4 warna oranye akan melayani masyarakat hingga sampai ke pemukiman perumahan di Balikpapan. 

“Tentu kami memberi apresiasi dan dukungan dengan adanya program pembukaan rute baru angkot, program ini bisa menyentuh kepada masyarakat dalam pelayanan transportasi,” kata Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud usai meluncurkan rute  jalur angkot di Terminal Batu Ampar Balikpapan Utara, Selasa (22/6/2021).

Rute baru ini akan melayani masyarakat yang berada di wilayah Balikpapan Baru. Rutenya meliputi Terminal Batu Ampar-Jalan Pattimura-Jalan Indrakilla (Kampung Timur)- SMPN 6-Jalan Sumber Rejo-Jalan Imat Saili (Sungai Ampal)-Jalan Tjutdjup Suparna (Mall Fantasy/Pasar Segar).

1. Sudah hampir 20 tahun belum ada penambahan rute baru

Balikpapan Luncurkan Rute Baru Angkot hingga Pemukiman WargaKepala Dinas Perhubungan Balikpapan Sudirman Djayaleksana ikut memasang stiker, Selasa (22/6/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Rahmad mengatakan, Kota Balikpapan sudah hampir 20 tahun belum ada perubahan dan penambahan rute baru angkot. Padahal penduduknya terus berkembang ditandai bertambahnya pemukiman masyarakat. 

“Sudah banyak jalur-jalur yang masuk di lingkungan pemukiman masyarakat tetapi tidak dilalui rute angkot, dengan rute baru ini khususnya pelayanan publik dalam angkutan kota bisa dirasakan warga Balikpapan,” ujarnya.

Di sisi lain lanjutnya, dengan adanya perubahan dan penambahan rute baru bagi angkot diharapkan akan membantu para sopir yang terpukul jasa transportasi online dan pandemik COVID-19. 

Baca Juga: Puslabfor Polri Olah TKP Kebakaran di Gunung Bugis Balikpapan

2. Masih uji coba dengan tarif Rp3.500 hingga Rp5.000

Balikpapan Luncurkan Rute Baru Angkot hingga Pemukiman WargaWali Kota Balikpapan, Dinas Perhubungan, dan Organda Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengatakan, rute baru ini masih dalam tahap uji coba dengan hanya mengoperasikan sebanyak 10 kendaraan.

"Tarif kisaran terendah dari Rp 3.500 - Rp 5.000 untuk rute baru," ujarnya. 

Dishub Balikpapan selama 3 tahun terakhir sudah merancang peluncuran rute baru angkot, mengingat selama 20 tahun terakhir belum ada penambahan yang baru. 

3. Sejalan dengan program buy the service

Balikpapan Luncurkan Rute Baru Angkot hingga Pemukiman WargaPuspa Perwitasari/ANTARA FOTO

Pembukaan rute baru ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat menggalakkan program buy the service. Sudirman mengatakan, dalam program ini salah satunya adalah untuk memodernisasi angkutan kota di sejumlah daerah agar tetap eksis.

Adapun kerja sama ini nantinya akan dibantu sepenuhnya oleh pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan Republik Indonesia.

"Ini momen penting yang harus disambut, maka itu untuk jalur baru angkot bisa menjadi umpan pelayanan program di rute utama," ujarnya.

Sudirman berharap rute baru bisa memberi banyak manfaat, baik terhadap sopir angkot maupun masyarakat.

“Kita juga akan melakukan mengevaluasi, apakah penambahan rute baru ini dapat memberikan dampak baik atau tidak. Sesuai dengan harapan bagi sopir angkutan kota,” tutupnya.

Baca Juga: Pancing Kerumunan, Satgas COVID-19 Balikpapan Bubarkan Pengobatan YHS 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya