Balikpapan Terima Bantuan 800 Set APD Medis untuk Penanganan COVID-19

Hasil swab PDP yang meninggal dunia negatif COVID-19

Balikpapan, IDN Times - Provinsi Kalimantan Timur kembali mendapatkan kiriman bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Kementerian Kesehatan RI. Sebanyak 5 ribu buah APD atau 100 koli tiba di Lanud Dhomber Balikpapan pada Selasa (28/4) dengan pesawat Hercules A-1330. 

“Saya mewakili Pangdam IV Mulawarman menyerahkan bantuan dari Kemenkes RI kepada perwakilan Satuan Gugus Tugas Percepatan Penangguangan Covid-19 Kaltim, Direktur RS Kanudjoso Djatiwibowo Baikpapan,” ujar Dandim 0905 Balikpapan Kolonel I Gusti Agung Putu, Selasa (28/4/20) di Lanud Dhomber Balikpapan.

Penyerahan APD ini dilakukan dengan penandatanganan surat serah terima bantuan antara Dandim 0905 Balikpapan Kolonel I Gusti Agung Putu dengan Direktur RS Kanudjoso Djatiwibowo Baikpapan Eddy Iskandar disaksikan Wali Kota Balikpapan dan Forkopimda Kota Balikpapan.

1. Bantuan untuk Balikpapan berupa 800 set APD dari Kemenkes RI

Balikpapan Terima Bantuan 800 Set APD Medis untuk Penanganan COVID-19APD medis bantuan Kemenkes RI tiba di Balikpapan, Dok. IDN Times/Istimewa

Bantuan APD ini akan didistribusikan ke rumah sakit rujukan COVID-19 yang ada di Provinsi Kaltim. Kiriman APD ini adalah yang kelima kalinya dari Kemenkes RI.

Tambahan bantuan ini, lanjut Eddy, diharapkan dapat menutupi jumlah kekurangan APD di rumah sakit rujukan COVID-19 di Kaltim.

“Namun jika masih kurang, Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim masih memiliki stok cadangan, dan ini bisa digunakan, sehingga tidak menghambat penanganan pasien kasus covid di Kaltim,” jelasnya.

Dari 5 ribu set APD tersebut, kota Balikpapan, mendapatkan sebanyak 800 APD yang akan dibagikan ke 3 rumah sakit dan Dinas Kesehatan.

“Terdiri dari RS Kanujdoso Djatiwibowo sebanyak 300 buah, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan 300 buah, RS Tentara Dr Hardjanto sebanyak 100 buah dan RSUD Beriman sebanyak 100 buah,” ujar Eddy.

2. Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah 1 di Balikpapan

Balikpapan Terima Bantuan 800 Set APD Medis untuk Penanganan COVID-19APD medis bantuan Kemenkes RI tiba di Balikpapan, Dok. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat penerimaan APD ini juga menyampaikan perkembangan kasus COVID-19 di Balikpapan, terdapat satu tambahan pasien positif COVID-19.

“Hari ini saya mendapatkan laporkan ada tambahan lagi satu positif laki-laki usia 35 tahun perjalanan dari Jawa Barat,” ujarnya.

Dengan bertambahnya 1 pasien terkonfirmasi positif tersebut, kata Rizal, maka saat ini jumlah kasus COVID-19 di Kota Balikpapan bertambah dari 28 orang menjadi 29 orang, enam orang diantaranya telah sembuh dan satu orang meninggal.

“Jadi jumlahnya sekarang bertambah menjadi sebanyak 29 kasus orang yang dinyatakan positif terpapar COVID-19,” ujarnya.

Baca Juga: Cegah Kerumunan, Pemkot Balikpapan Atur Pembagian BLT

3. Pasien PDP yang meninggal hasil swab-nya negatif

Balikpapan Terima Bantuan 800 Set APD Medis untuk Penanganan COVID-19Petugas pemakaman membawa peti jenazah pasien COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Senin (30/3/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Rizal juga melaporkan satu pasien PDP usia 75 tahun yang meninggal beberapa waktu lalu, hasil pemeriksaan swab-nya dinyatakan negatif.

“Saya juga ingin melaporkan ada satu kasus PDP yang meninggal dunia kemarin hasil swab-nya ternyata negatif,” ujar Rizal.

Sedangkan, Pasien dalam Pengawasan (PDP) juga bertambah 2 kasus, sehingga jumlahnya menjadi 37 orang.

“ODP atau Orang dalam Pemantauan, jumlahnya bertambah menjadi sebanyak 728 kasus atau bertambah 44 orang,” jelasnya.

Rizal juga meminta masyarakat tetap disiplin melaksanakan anjuran Pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini.

“ Tetap menjaga jarak, tidak keluar rumah, menjaga asupan dan selalu mencuci tangan dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS,” tutupnya.

Baca Juga: Pemkot Balikpapan Setop Pendataan Warga Penerima Bansos COVID-19

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya