Comscore Tracker

BBM Naik, Wali Kota Balikpapan Setuju Kenaikan Tarif Angkot

Surat Keputusan (SK) Wali Kota Balikpapan sedang dibuat

Balikpapan, IDN Times - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud telah menyetujui rencana kenaikan tarif angkutan kota (angkot) di Kota Beriman. Wali Kota Balikpapan bahkan sudah menandatangani surat keputusan kenaikan tarif tersebut. 

“Sudah saya tanda tangani agar Dinas Perhubungan segera membahas besaran. Untuk kenaikannya, kita ambil di tengah-tengah sekitar seribu,” ujarnya.

Pemkot Balikpapan akan menaikkan tarif angkot menjadi Rp6 ribu dari sebelumnya Rp5 ribu. 

1. Tarif angkot mengikuti harga BBM

BBM Naik, Wali Kota Balikpapan Setuju Kenaikan Tarif AngkotWali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud. (IDN Times/Hilmansyah)

Rahmad mengatakan, kenaikan tarif angkot tersebut menyesuaikan rencana kenaikan harga BBM  dari Pertamina. 

“Jadi kita harus fair juga ya, kalau bicara minyak industri itu kan harganya fluktuatif, bisa naik bisa turun per 15 hari, ada perubahan harga,” jelasnya.

Dinas Perhubungan Balikpapan, katanya, sudah diperintahkan segera melakukan pembahasan terkait rencana kenaikan tarif angkot ini dengan melibatkan sejumlah instansi. Termasuk juga Organda yang menaungi pelaku usaha transportasi Kota Balikpapan.

Baca Juga: PPKM Ketat,  Istri Wali Kota Balikpapan Bagi Sembako Ojek dan Angkot

2. Surat Keputusan (SK) Wali Kota Balikpapan sedang dibuat

BBM Naik, Wali Kota Balikpapan Setuju Kenaikan Tarif AngkotOperator SPBU mengisi BBM pada mobil saat perkenalan kepada konsumen program baru layanan pesan antar BBM Pertamina di SPBU Coco, Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/12). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengatakan, kenaikan tarif angkot menyesuaikan kenaikan harga BBM jenis Pertalite dari Pertamina. Mayoritas angkot di Balipapan sudah mengonsumsi BBM jenis itu. 

“Surat Keputusan (SK) Wali Kota tentang penyesuaian tarif angkot yang ada di Kota Balikpapan sedang kami buat. Sebab angkot tidak lagi menggunakan bahan bakar Premium melainkan Pertalite,” ujarnya.

Rencananya pemerintah akan secepatnya melakukan penyesuaian tarif angkot melalui Surat Keputusan Wali Kota Balikpapan.

“Untuk besaran penyesuaian tarif angkot itu, nanti kita ajukan ke wali kota dan ditandatangani,” jelasnya.

3. Sopir angkot keluhkan tarif

BBM Naik, Wali Kota Balikpapan Setuju Kenaikan Tarif AngkotIlustrasi deretan angkutan kota di Terminal Kampung Melayu, Jakarta, Kamis (6/8/2020) (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Sementara itu, para sopir angkot di Balikpapan sudah mulai mengeluhkan tarif yang belum dinaikkan pemerintah. Pasalnya, bahan bakar dan kebutuhan pokok sudah mengalami kenaikan.

"Ya sudah banyak yang ngeluh. Yang jelas biasanya kalau ada gejolak perubahan harga BBM mereka meminta untuk menaikkan tarif," ujar Ketua Organda Balikpapan Mubar Yaya.

Selain itu, katanya, sudah lima tahun lebih belum ada penyesuaian terbaru tarif angkot. Pihaknya, berharap akan ada pembicaraan dengan Dishub Balikpapan untuk membahas penyesuaian tarif terbaru.

"Memang sudah lama tarif itu nggak naik, jadi mungkin sopir ingin naik. Kami juga akan ikut masuk kalau ada pembahasan itu," tutupnya.

Baca Juga: Puluhan Mobil Angkot di Balikpapan Copot Stiker di Kaca Belakang

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya