Comscore Tracker

BKIPM Berikan Seribu Paket Ikan Segar untuk Warga Balikpapan

2 ton ikan layang senilai Rp80.500.000

Balikpapan, IDN Times - Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Balikpapan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan ikan sehat bermutu kepada masyarakat Kota Balikpapan.

Kegiatan ini dalam rangka penyelenggaraan Bulan Mutu Karantina Tahun 2021 yang bertema 'Ikan Sehat Bermutu untuk Mendukung Pemenuhan Protein Masyarakat'.

“Bantuan ini berupa sebanyak 2 ton ikan senilai Rp80.500.000 yang dibagikan dalam bentuk seribu paket ikan layang seberat masing-masing 2 kilogram," ujar Kepala BKIPM Eko Sulystianto Balikpapan, di kantor Pemkot Balikpapan, Kamis (29/4/2021).

Eko menjelaskan, bantuan diberikan kepada seribu orang penerima yang terbagi untuk kelompok tenaga kesehatan, pondok pesantren, panti asuhan dan panti jompo.

1. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dan Wali Kota melepas bantuan

BKIPM Berikan Seribu Paket Ikan Segar untuk Warga BalikpapanIlustrasi Ikan yang dijual di Pasar Ikan (IDN Times/Lia Hutasoit)

Bantuan ikan sehat bermutu kepada masyarakat Kota Balikpapan ini diserahkan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budi Satrio, kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty didampingi Kepala Balai KIPM Balikpapan Eko Sulystianto, Wali Kota Rizal Effendi, Kepala Pusat Karantina BKIPM Riza Priyatna, serta perwakilan perawat.

Kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera tanda pelepasan bantuan ikan segar yang dilakukan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budi Satrio dan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi untuk dibagikan kepada warga yang menjadi kelompok sasaran bantuan.

Eko mengatakan, bantuan ini diharapkan akan berdampak positif untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap isu kesehatan ikan, mutu dan keamanan hasil perikanan juga keamanan hayati ikan.

“BKIPM Balikpapan ingin turut berperan aktif menyediakan sumber gizi dari protein ikan melalui penyaluran produk perikanan kepada masyarakat," ujarnya.

Ia melanjutkan, "Harapannya kebutuhan protein masyarakat tercukupi melalui bantuan ikan dan produk perikanan serta tetap berputarnya roda perekonomian pelaku usaha perikanan, pembudidaya serta supplier bidang perikanan karena produk mereka dapat dipasarkan,” kata Eko.

Selain itu, melalui bantuan ikan sehat ini ia berharap semua pihak juga berperan aktif untuk menjaga kesehatan, mutu, dan keamanan hasil perikanan, juga menyediakan pangan sehat untuk peningkatan gizi keluarga.

Baca Juga: Bikin Candaan KRI Nanggala-402, Warga Balikpapan Dilaporkan Polisi

2. Bantuan protein bagi garda terdepan penanganan COVID-19

BKIPM Berikan Seribu Paket Ikan Segar untuk Warga BalikpapanPengibaran bendera tanda dilepaskanya bantuan ikan segar oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budi Satrio dan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dapil Kaltim Budi Satrio mengatakan, bantuan 2 ton ikan layang dalam rangka bulan mutu karantina dan sebagai bentuk kepedulian kepada tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan dalam penanganan COVID-19.

”Kami berikan bantuan ini pada barisan terdepan penanggulanganCOVID-19, sebagai tambahan gizi dan protein. Juga ingin mendorong konsumsi ikan di Balikpapan, ” papar Budi.

Selain menggerakkan masyarakat untuk konsumsi ikan, katanya, kegiatan ini dapat membangkitkan ekonomi lokal nelayan Balikpapan bisa agar berfungsi dan diberdayakan.

“Bantu saudara kita di Balikpapan untuk dapatkan asupan gizi dan protein, ” tegasnya

3. Ikan layang bermanfaat tingkatkan kekebalan tubuh

BKIPM Berikan Seribu Paket Ikan Segar untuk Warga BalikpapanPenyerahan bantuan 2 ton ikan dalam rangka Bulan Mutu Karantina 2021 untuk warga Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan pemerintan meminta para eksportir untuk terus menjaga mutu produk perikanannya, terutama yang akan di ekspor keluar negeri.

‘’Ini sebagai upaya meningkatkan produk perikanan lokal dengan mutu yang berkualitas sehingga mampu menjadi produk ekspor. Disisi lain juga mengedukasi nelayan agar tidak menggunakan bahan berbahaya seperti formalin dan lainnya,” ujarnya.

Menurut Rizal, bantuan ikan bagi tenaga kesehatan baik untuk dilakukan. Apalagi, diketahui selain kaya protein, ikan seperti contohnya ikan layang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Salat Idulfitri di Balikpapan Hanya Boleh di Masjid dan Musala 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya