Cegah Virus Corona, Pelabuhan Semayang Sediakan 3 Bilik Disinfektan 

Penumpang dan barangnya wajib lewat bilik disinfektan

Balikpapan, IDN Times –Pelabuhan menjadi kawasan rawan penyebaran virus corona, itu sebab  PT Pelindo IV Balikpapan memasang tiga bilik sterilisasi atau disinfektan di Pelabuhan Laut Semayang Balikpapan. Tiga bilik itu ditempatkan di ruang keberangkatan dan penurunan penumpang.

“Pemasangan ini sebagai respons cepat kami terhadap kekhawatiran Pemkot Balikpapan yang menyatakan pelabuhan merupakan kawasan rawan penyebaran virus corona,” ujar Manajer Pelayanan Barang Pelindo IV Balikpapan Fanny Herling saat ditemui di kantornya, Jumat (26/3).

1. Tiga bilik disinfektan dipasang demi memangkas penyebaran virus corona di pelabuhan

Cegah Virus Corona, Pelabuhan Semayang Sediakan 3 Bilik Disinfektan Bilik steril di Pelabuhan Semayang Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Pada Jumat (27/3) ratusan penumpang Kapal KM Labobar asal Palu, Sulawesi Tengah bersandar di Pelabuhan Semayang. Para penumpang itu, kata dia, harus melewati bilik sterilisasi disemprot dengan cairan disinfektan. Bilik sterilisasi ini berlaku sejak Kamis (26/3) kemarin.

“Sesuai arahan Pelindo pusat dan KKP kami memasang bilik sterilisasi ini. Tujuannya memangkas penyebaran virus corona di Pelabuhan Semayang Balikpapan,” ucap Fanny.

2. Semua penumpang dan barangnya harus melewati bilik disinfektan

Cegah Virus Corona, Pelabuhan Semayang Sediakan 3 Bilik Disinfektan IDN Times/ M. Idris

Sebelumnya, Pelindo IV Balikpapan hanya menyediakan hand sanitizer di setiap pintu masuk Pelabuhan Semayang Balikpapan, serta menyemprotkan cairan disinfektan saja. Lantaran pelabuhan merupakan pintu masuk orang dari luar daerah, maka dari itu bilik disinfektan dipasang sebagai penangkal virus corona

“Semua yang turun atau naik ke kapal wajib masuk bilik sterilisasi atau disinfektan ini. Bahkan barang bawaan penumpang juga ikut disemprot,” tambahnya.

3. Setiap pelabuhan di Indonesia harus punya bilik disinfektan

Cegah Virus Corona, Pelabuhan Semayang Sediakan 3 Bilik Disinfektan Penumpang melintasi bilik steril di Pelabuhan Semayang Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Dia menambahkan, bilik sterilisasi atau disinfektan ini merupakan bentuk perhatian BUMN untuk negeri di tengah ancaman virus corona atau COVID-19. Dan semua pelabuhan di Indonesia. Sebenarnya, ada 6 bilik sterilisasi milik Pelindo, namun hanya 3 yang diletakkan di pelabuhan.

“Sisanya ada di kantor Pelindo yang juga harus steril (dari virus),” pungkasnya.

Topik:

Berita Terkini Lainnya