Comscore Tracker

COVID-19 Masih Mengancam, PPKM Level 4 di Balikpapan Diperpanjang 

Razia akan dilakukan hingga lingkungan RT

Balikpapan, IDN Times - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) terpaksa diperpanjang hingga 9 Agustus 2021. Semestinya PPKM level 4 Balikpapan berakhir tanggal 2 Agustus 2021 namun dibatalkan mengingat pandemik COVID-19 masih mengkhawatirkan di Kota Beriman

"PPKM berlanjut seperti biasa sampai 9 Agustus 2021, tapi ya seperti biasa lah kami sambil menunggu Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) lagi. Kami berusaha tetap aturan seperti yang sekarang ini saja," kata Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud saat ditemui usai rapat koordinasi dengan pemerintah pusat melalui virtual di Balai Kota, Sabtu (31/7/2021) .

1. PPKM level 4 diperpanjang gunakan aturan sebelumnya

COVID-19 Masih Mengancam, PPKM Level 4 di Balikpapan Diperpanjang Evaluasi penerapan PPKM darurat di Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Rahmad Masud mengatakan, aturan PPKM level 4 Balikpapan mempergunakan ketentuan sudah ditetapkan sebelumnya. Pemkot Balikpapan sudah menerbitkan aturan PPKM level sesuai instruksi Mendagri. 

"Ya normatif seperti sekarang saja aturannya, tetap di level 4," ujarnya.

Meskipun demikian, Rahmad mengaku tetap menunggu penerbitan Instruksi Mendagri soal PPKM level 4 Balikpapan. Apakah ada ketentuan baru atau melanjutkan ketentuan lama. 

Baca Juga: Miris, Dua Wilayah di Balikpapan Masuk dalam Zona Merah Narkoba 

2. Indikator kasus dan BOR rumah sakit

COVID-19 Masih Mengancam, PPKM Level 4 di Balikpapan Diperpanjang Wisma Atlet di Stadion Tenis Indoor Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Kepala Bidang Keamanan dan Penegakkan Hukum Satgas COVID-19 Balikpapan Zulkifli mengatakan, proses penegakkan PPKM level 4 masih sama seperti sebelumnya. Ketentuannya diatur dalam aturan diterbitkan Wali Kota Balikpapan. 

"Masih berada di level 4, dikarenakan kasus harian COVID-19 masih fluktuatif dan keterisian tempat tidur di rumah sakit (bed occupancy rate) masih tinggi, 80 persen," paparnya.

Zulkifli menambahkan, indikator yang dilihat secara nasional yakni tingkat pertumbuhan kasus dan kapasitas respons terhadap kasus yakni BOR Rumah Sakit.

"Dua indikator itu yang paling dilihat. Sebenarnya yang lain juga ada, kematian itu juga sangat menentukan juga. Tingkat kematian kami masih tinggi," urainya.

Sehingga, penerapan PPKM level 4 di Kota Balikpapan masih diberlakukan.

3. Razia akan dilakukan hingga lingkungan RT

COVID-19 Masih Mengancam, PPKM Level 4 di Balikpapan Diperpanjang Evaluasi PPKM darurat di Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Satpol PP Balikpapan juga menggiatkan razia hingga ke lingkungan RT selama penerapan PPKM Level 4. Pasalnya, ada laporan cafe, angkringan, dan warung makan yang tetap beroperasi di atas jam 20.00 Wita. Semestinya, mereka sudah tidak beraktivitas setelah memasuki pukul 20.00 Wita. 

“Memang banyak laporan kafe-kafe itu buka di lingkungan. Bisa kita bisa masukkan ke lingkungan ,”ujarnya.

Selama ini razia tim gabungan, diakuinya, tidak masuk hingga ke lingkung-lingkungan RT. Sehingga, nantinya pola razia akan dirubah, menyasar hingga ke lingkungan RT. Karena PPKM Level 4 akan diperpanjang hingga 9 Agustus 2021.

“Jadi kita awasi di kota tapi ada juga yang buka di lingkungan-lingkungan RT itu yang kemarin laporannya seperti itu. Kita tinggal pengawasan kita tingkatkan,” ujarnya.

Dikatakannya, setiap malam tim gabungan menggelar razia dibagi dua tim. Bahkan sebelum diberlakukan penyekatan jalan. Karena pukul 20.00-22.00 Wita dilakukan penyekatan sejumlah jalan utama.

“Jadi kita jam 7 malam sudah sekat jalan sampai jam 10 malam. Maksudnya supaya di jalan itu tidak keluar lagi, tidak beraktivitas lagi di luar,” tutupnya.

4. Update pandemik COVID-19 Balikpapan

COVID-19 Masih Mengancam, PPKM Level 4 di Balikpapan Diperpanjang PPKM darurat di Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Tren pandemik COVID-19 di Balikpapan masih  tertinggi di Kaltim di mana jumlah pasiennya sebanyak 7.544 kasus atau meningkat 3,6 persen dibanding 3 hari tercatat 7.277 kasus. 

Pemkot Balikpapan menerapkan pelaksanaan PPKM level darurat atau sekarang mempergunakan istilah level 4. Tujuannya untuk menekan penyebaran wabah COVID-19.

Sedangkan perkembangan virus di Kaltim tercatat sebanyak 23.270 kasus atau meningkat 10,5 persen dibanding sebelumnya 21.062 kasus. Delapan kota/kabupaten di Kaltim menerapkan PPKM level 4 dan hanya dua berstatus PPKM level 3, yakni Mahakam Ulu dan Paser. 

Baca Juga: Warga Balikpapan Terkena PPKM Masih Bisa Daftar Terima Bantuan Tunai

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya