Dukung Palestina, Umat Muslim Balikpapan Serukan Boikot Produk Israel 

Aksi diikuti ratusan umat muslim Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Ratusan umat muslim Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) tergabung dalam aksi damai Solidaritas Muslim Balikpapan ( SOLIMBA ) untuk Al Qudz Palestina menggelar aksi damai mengutuk aksi penyerangan Israel. Aksi bela warga Palestina ini digelar di simpang tiga Jalan Puspoyudo, Kawasan Klandasan, Balikpapan Kota.

“Aksi kemanusiaan untuk membantu saudara kita karena ini adalah tragedi kemanusiaan di Palestina. Dan sebagai sesama umat muslim kita harus tetap peduli ,” ujar Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI Kota Balikpapan, Abdul Rais, Jumat (21/05/2021).

1. Mayoritas warga Indonesia mendukung perjuangan Palestina

Dukung Palestina, Umat Muslim Balikpapan Serukan Boikot Produk Israel Ratusan umat muslim di Balikpapan Kaltim menyerukan aksi dukungan terhadap Palestina. (IDN Times/Hilmansyah)

Abdul Rais mengatakan, Presiden Joko Widodo RI sudah menyampaikan keprihatinan dan mengutuk keras aksi Israel yang menyebabkan ratusan kematian. Presiden bahkan sudah menyatakan, mendukung kemerdekaan Palestina.

“Presiden kita juga sudah menyampaikan keprihatinan dan mengutuk terhadap kekejian yang dilakukan Israel dan mendukung kemerdekaan Palestina,” tegasnya.

Rais kecewa, saat ada oknum warga yang tidak berempati terhadap perjuangan Palestina memperoleh keadilan ini. Mereka bahkan menunjukkan sikap tidak bersahabat tersebut di media media sosial masing-masing. 

“Ini bukan kegiatan kejahatan, ini bukan kegiatan korupsi dan ini bukan kegiatan teroris jadi kepada teman-teman sekalian tetap bersemangat,” ujarnya

“Kebebasan untuk menyampaikan pendapat adalah hak setiap bangsa untuk didukung. Palestina tetap kita suarakan, kita tetap memperjuangkan," tegasnya.

Baca Juga: 9 Sosok Bella Hadid, Model Dunia yang Ikut Aksi Bela Palestina

2. Ajakan boikot produk Israel

Dukung Palestina, Umat Muslim Balikpapan Serukan Boikot Produk Israel Massa umat muslim di Balikpapan Kaltim menyerukan boikot produk Israel. (IDN Times/Hilmansyah)

Lebih lanjut, Ketua Persaudaraan Muslim Aswaja, Habib Hamzah Alaydrus mengajak umat muslim Kota Balikpapan untuk memboikot produk-produk Israel. Langkah kecil ini dianggap membantu perjuangan rakyat Palestina melawan penjajahan Israel. 

"Kita harus boikot produk-produk bangsa Israel, karena dengan keuntungan produk nya tersebut Israel membeli senjata untuk menyerang Palestina," tegasnya.

Ia juga meminta umat muslim Balikpapan berdoa dan menggalang dana untuk perjuangan bangsa Palestina.

3. Wali Kota Balikpapan tanda tangani dukungan petisi kemerdekaan Palestina

Dukung Palestina, Umat Muslim Balikpapan Serukan Boikot Produk Israel Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan Wakil Ketua DPRD Budiono turut bergabung dalam aksi. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersama Wakil Ketua DPRD Budiono turut bergabung dalam aksi dan menandatangani petisi mendukung kemerdekaan Palestina.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Balikpapan bersama Wakil Ketua DPRD bapak Budiono memberikan apresiasi kepada masyarakat Kota Balikpapan yang mengutuk apa yang dilakukan Israel kepada saudara kita Palestina,” ujar Rizal. 

Rizal juga meminta warga untuk terus mendoakan Palestina. Termasuk mempercayakan kepada pemerintah yang sedang menggalang dukungan dunia internasional melawan agresi Israel. 

“Yang pertama yang harus kita lakukan terus berdoa kepada Allah SWT agar Israel diberikan hukuman yang setimpal dan menyelamatkan kita warga Palestina,” ujarnya

“Kedua percayakan kepada bapak presiden yang berjuang menggalang kekuatan dengan bangsa-bangsa lain untuk mengutuk Israel dan menghentikan serangan kepada Palestina,” tegasnya.

Ia juga mengajak warga untuk mengalang bantuan yang dibutuhkan, untuk warga Palestina. 

“Ketiga kita ikut membantu saudara kita Palestina dengan cara mengumpulkan bantuan dukungan baik doa maupun bantuan dukungan keuangan dan berbagai hal untuk membantu saudara kita di Palestina,” ujarnya sembari mengingatkan agar terus menaati protokol kesehatan di masa pandemik COVID-19. 

Baca Juga: Gencatan Senjata di Gaza dengan Ratusan Korban Jiwa Pihak Palestina

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya