Empat Rumah di Balikpapan Hangus Terbakar, Satu Orang Ditemukan Tewas

Petugas terkendala jalanan yang sempit

Balikpapan, IDN Times - Musibah kebakaran kembali terjadi di Kota Balikpapan. Kebakaran terjadi di pemukiman padat penduduk di RT 38 Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan. Akibat peristiwa ini, sebanyak empat rumah hangus terbakar dan satu orang warga tewas terpanggang api.

Korban meninggal merupakan seorang anak yang masih berusia 14 tahun. Ia diduga terjebak di salah satu bangunan rumah yang terbakar.

"Ya benar satu orang meninggal, posisi korban saat ditemukan dalam kondisi tertelungkup," ujar Kanit Reskrim Polsek Balikpapan Utara, Iptu Hendrik Saragih, Kamis (24/8/2023).

1. Korban diduga menderita autis

Empat Rumah di Balikpapan Hangus Terbakar, Satu Orang Ditemukan TewasEvakuasi korban kebakaran (IDN Times/Hilmansyah)

Saragih mengatakan korban ditemukan dalam kondisi telungkup di kamar di dekat lemari.
Adapun untuk identitas korban saat ini masih belum diketahui, mengingat saat ditemukan kondisi jasad sudah tidak dapat dikenali.

"Korban di evakuasi menuju RS Bhayangkara," ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, korban diperkirakan berusia 14-20 tahun dan diduga mengidap penyakit autis. Peristiwa kebakaran yang tak jauh dari Polsek Selatan ini diperkirakan membakar tiga rumah, satu di antaranya merupakan indekos dengan 11 kamar.

Baca Juga: Transaksi QRIS di Balikpapan Tembus Angka Rp115 Miliar

2. Api berhasil dipadamkan setelah satu jam

Empat Rumah di Balikpapan Hangus Terbakar, Satu Orang Ditemukan TewasPetugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Balikpapan Usman Ali mengatakan, lokasi kejadian tidak jauh dari Polsek Balikpapan Selatan. BPBD Kota Balikpapan mendapatkan laporan awal kejadian itu sekitar pukul 08.30 wita.

"Mengingat lokasi di pemukiman, kami kerahkan 12 unit," jelasnya.

Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian setelah pemadam berupaya maksimal. Terlihat personel BPBD memanfaatkan celah dari rumah warga agar selang sampai ke titik api.

3. Terkendala jalan sempit

Empat Rumah di Balikpapan Hangus Terbakar, Satu Orang Ditemukan TewasKebakaran di Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Usman mengatakan, kendala yang di alami petugas PMK BPBD Kota Balikpapan lokasi pemukiman yang padat dan jalan yang sempit.

"Kami terkendala akses menuju lokasi mengingat titik api berada tengah di pemukiman warga," pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang saksi mata Siska mengatakan, saat terjadi kebakaran ia sedang memasak di dapur. Namun, karena terdengar suara aneh, ia pun keluar dan sudah menemukan api membesar.

"Saya pas masak, ada suara di samping, itu pas saya keluar sudah ada api," ujarnya.

Baca Juga: Aparat Gabungan Razia Lapas Balikpapan dari Peredaran Narkoba

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya