Fesyen Show di Atas KRI Diponegoro 365 yang Berlabuh di Balikpapan

Pamerkan baju batik dari Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar fesyen show di atas kapal perang KRI Diponegoro 365. Peragaan busana baju batik Balikpapan ini mengambil tema "The Fashion Show Of Wonderful East Borneo Batik and Navy Fashion On The Warship" dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional Tahun 2022.

“Ini luar biasa. Mungkin ini baru pertama kali saya hadir di fesyen show batik di atas KRI,” kata Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Senin (17/10/2022).

Rahmad hadir bersama istri, berikut Danlanal Balikpapan Kolonel Laut Pelaut Rasyid Al Hafiz, Komandan KRI Dipanegoro 365 Letkol Laut Pelaut Irianto Kurniawan, dan Forkopimda Kota Balikpapan.

1. Fesyen show busana batik dan unsur TNI AL

Fesyen Show di Atas KRI Diponegoro 365 yang Berlabuh di BalikpapanDinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan menggelar fesyen show di atas kapal perang KRI Diponegoro 365, Senin (17/10/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Peragaan busana diawali dengan penampilan para model menampilkan busana personel TNI AL mulai dari pakaian dinas luar, pakaian dinas harian, hingga busana tempur. Para model pun memperagakan busana personel TNI AL selama kunjungan lawatan. 

Barulah setelah itu, para model memamerkan busana karya Ketua Dekranasda Kota Balikpapan Nurlena Rahmad Mas’ud dengan batik klubut. Dilanjutkan dengan busana karya batik Ika Muhaimin yang menggunakan pewarna alami dan batik ampiek karya Emi Alydrus.

Baca Juga: Nekat, Warga Manggar Mendemo Kantor BPN Balikpapan

2. Batik bisa jadi gaya hidup

Fesyen Show di Atas KRI Diponegoro 365 yang Berlabuh di BalikpapanDinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan menggelar fesyen show di atas kapal perang KRI Diponegoro 365, Senin (17/10/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Rahmad mengapresiasi peragaan busana yang dilakukan di atas kapal perang ini. Peragaan busana ini diharapkan bisa memicu ide kreatif anak-anak muda Balikpapan dalam seni peragaan busana. 

“Mudah-mudahan ini menjadi teladan bagi kita semua. Khusus anak-anak muda, koleksi-koleksi batik,” ujarnya.

Menurutnya, batik sudah menjadi pakaian resmi dalam aktivitas masyarakat Indonesia. Selain itu, mampu menjadi gaya hidup kelompok anak muda modern sekarang. 

“Bahwa batik ini tidak hanya dipakai untuk fesyen, dipakai untuk baju pemerintahan saja, tapi mudah-mudahan menjadi model kita untuk dipakai setiap hari dan jadi fesyen untuk kita semua,” ujarnya.

3. KRI Dipanegoro 365 bawa baju batik Balikpapan ke Jepang

Fesyen Show di Atas KRI Diponegoro 365 yang Berlabuh di BalikpapanSejumlah personel TNI Angkatan Laut melambaikan tangan dari KRI Diponegoro-365 saat pemberangkatan di Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (14/10/2022). ANTARA FOTO/Didik Suhartono/tom.

Sementara itu, Danlanal Balikpapan, Danlanal Balikpapan Kolonel Laut Pelaut Rasyid Al Hafiz mengatakan, peragaan busana ini sebagai wujud keterlibatan TNI AL dalam menjaga kedaulatan batik Indonesia.

“Dan kebetulan KRI Dipanegoro 365 akan mengembang misi diplomasi dalam rangka Internasional Feer Review di Yokosuka Jepang,” ujarnya.

Ditambahkannya, KRI Dipanegoro 365 ini tiba di Lanal Kota Balikpapan yang merupakan pangkalan aju sekaligus menggelar peragaan busana dengan tema The Fashion Show of Wonderful East Borneo Batik and Navy Fashion on The Warship.

“Setelah ini KRI Dipanegoro 365 akan meneruskan perjalanan ke Jepang dan sebelumnya akan mampir di Manila, Filipina,” tutupnya.

Baca Juga: Meningkat, Bandara Sepinggan Balikpapan Layani 2,7 Juta Penumpang

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya