Jelang Perayaan Nataru, Wali Kota Balikpapan Sidak Ritel Modern

Memastikan stok pangan jelang perayaan Nataru

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah ritel modern jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Upaya ini dilakukan untuk memastikan stok pangan sekaligus masa berlaku produk kemasan parsel. 

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud memimpin langsung jajarannya ke sejumlah mini market dan mal di Balikpapan. Sidak seperti ini memang rutin dilakukan untuk mengecek produk kemasan yang dipajang. 

"Tidak ada yang kedaluwarsa. Ini upaya dalam pengawasan makanan, apalagi menjelang nanti Natal dan tahun baru,” katanya, Rabu (14/12/2022). 

1. Gerbang IKN maka stok pangan harus terjaga

Jelang Perayaan Nataru, Wali Kota Balikpapan Sidak Ritel ModernPemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur menggelar inspeksi mendadak di sejumlah ritel modern jelang Nataru, Rabu (14/12/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Rahmad mengatakan, pemerintah daerah harus memastikan keamanan pasokan pangan di Balikpapan. Itu dilakukan mengingat Balikpapan menjadi gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Pemerintah pusat, provinsi, dan daerah rutin menggelar acara di Balikpapan. 

"Kita memastikan, bukan hanya dari segi keamanan dan tempat tinggal, tetapi yang utamanya kan konsumsi makanan," tegasnya.

Sidak juga memastikan stok pangan atau makanan aman dan tercukupi untuk kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Pertamina di Balikpapan Sukses Gelar Lomba Kreativitas Pelajar

2. Berikan beberapa catatan ke pengelola

Jelang Perayaan Nataru, Wali Kota Balikpapan Sidak Ritel ModernPemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur menggelar inspeksi mendadak di sejumlah ritel modern jelang Nataru, Rabu (14/12/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam kesempatan itu, Rahmad menemukan dan memberikan beberapa catatan penting kepada pihak pengelola salah satu ritel. Seperti salah satu ritel yang menarik produk-produk tanpa label dan tidak diperjualbelikan. 

Termasuk juga fasilitas pendingin makanan yang dalam kondisi rusak. 

"Termasuk fasilitas freezer-nya tadi ya, kita minta untuk diperbaiki karena mungkin sudah tidak layak, tidak tertutup dengan rapat," ungkapnya.

"Untuk (produk) parsel aman, kalau harga memang bersaing. Masih dengan harga yang wajar," sambungnya.

3. Temuan bahan makanan kemasan tidak berlabel memang tidak dijual

Jelang Perayaan Nataru, Wali Kota Balikpapan Sidak Ritel ModernWali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Rabu (14/12/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menambahkan, temuan kemasan tak berlabel yang didapati pada saat sidak. Tetapi sempat pula dijelaskan pula bahwa produk tersebut memang tidak bisa dijual.

"Sebaiknya dilengkapi dulu, dicek kembali barang tersebut masuknya kapan. Karena, memang tidak ada tanda (tanggal produksi dan kedaluwarsa) sama sekali, kami sarankan juga tidak untuk dijual," tutupnya.

Baca Juga: Groundbreaking Green Valley 2, Hunian Semi Apartemen di Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya