Jokowi Resmikan Pembangunan Masjid Negara di IKN Senilai Rp940 Miliar

Kawasan turut dibangun sarana ibadah lima agama lainnya

Balikpapan, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan peletakan batu pertama pembangunan masjid negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (17/1/2024). Masjid negara ini nantinya diharapkan menjadi simbol keberagaman dan toleransi masyarakat di Indonesia. 

"Peletakan batu pertama pembangunan masjid negara di IKN," kata Jokowi disiarkan akun YouTube Sekretariat Negara.  

1. Simbol keberagamaan dan toleransi di Indonesia

Jokowi Resmikan Pembangunan Masjid Negara di IKN Senilai Rp940 MiliarPresiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan groundbreaking pembangunan masjid negara di Ibu Kota Nusantara, Rabu (17/1/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Jokowi mengatakan, pembangunan masjid negara ini merupakan simbol keberagaman sekaligus toleransi di antara para umat di Indonesia. Sekeliling kawasan nantinya akan turut pula dibangun tempat ibadah umat beragama lainnya di Indonesia, seperti gereja, katedral, pura, wihara, hingga kelenteng. 

Pemerintah pun memperhatikan infrastruktur kawasan di mana akan dibangun sarana lanskap, unitilas kawasan, jembatan, hingga akses jalan penghubung di IKN. 

"Saya berharap agar masjid negara ini menjadi representasi kemajemukan di Indonesia, sebagai sarana ketaqwaan bagi umat muslim dan keagamaan di IKN. Sebagai contoh masjid negara di dunia," papar Jokowi.  

Baca Juga: Pemkab PPU Evaluasi Kinerja Organisasi Perangkat Daerah

2. Masjid negara di IKN

Jokowi Resmikan Pembangunan Masjid Negara di IKN Senilai Rp940 MiliarPresiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan groundbreaking pembangunan masjid negara di Ibu Kota Nusantara, Rabu (17/1/2024). Akun YouTube Sekretariat Presiden

Masjid negara di IKN, kata Jokowi, dirancang akan mampu menampung hingga 61 ribu jemaah umat muslim dalam beribadah. Di mana sekeliling masjid akan dikelilingi air dari embung-embung buatan untuk menampilkan keasrian kawasannya. 

Jokowi menyebutkan, bangunan fisik masjid negara akan dibangun dalam kurun waktu 400 hari kalender atau pada akhir tahun 2024 nanti dengan anggaran Rp940 miliar. 

"Saya bayangkan masjid ini akan indah dari dalam dan luar interiornya. Nilai kontruksinya memang sangat besar sekali, dibangun 400 hari kalender dan akhir tahun ini akan selesai," ungkapnya. 

3. Jokowi meresmikan groundbreaking keempat pembangunan IKN

Jokowi Resmikan Pembangunan Masjid Negara di IKN Senilai Rp940 MiliarPresiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan groundbreaking pembangunan masjid negara di Ibu Kota Nusantara, Rabu (17/1/2024). Foto OIKN

Jokowi memimpin rombongan groundbreaking keempat pembangunan IKN.

Badan Otorita IKN menyebutkan terdapat 10 proyek di IKN yang akan dimulai, yakni pembangunan masjid negara, Nusantara Logistic Hub milik PT Pos Indonesia, studio Radio Republik Indonesia (RRI), pergudangan SUN Hub, Hotel Bintang 5 Jambuluwuk, Green Pesantren, Nusantara Warehouse Park, Kantor OIKN, Memorial Park, serta Kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Turut mendampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Baca Juga: Kuota Pupuk Subsidi untuk Petani PPU Turun pada Tahun 2024

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya