Kerajinan Dompet Manik-Manik Dayak Tembus Paris Fashion Week Prancis

Dibawakan model model Internasional kelas dunia

Balikpapan, IDN Times - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Balikpapan mampu menembus pasar dunia. UMKM binaan Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) ini berupa produk kerajinan dompet anyaman berhiaskan manik-manik akan mengikuti ajang Paris Fashion Week di Prancis 2022 ini. 

Pengusaha UMKM Balikpapan Wati Bahalap mengatakan, produk kreasi tradisional kali sukses menembus pasar internasional. 

“Khusus untuk kerajinan dompet akan mengikuti kegiatan Paris Fashion Week tahun ini, tahapannya sudah dibuatkan katalognya dan informasi dalam tahun ini dilaksanakan, tapi tanggal persisnya belum tahu kapan,” ujar, Jumat (10/6/2022).

1. Dinilai juri dari Prancis

Kerajinan Dompet Manik-Manik Dayak Tembus Paris Fashion Week PrancisKerajinan Dompet Manik-Manik Dayak Kalimantan. (IDN Times/Hilmansyah)

Wati mengatakan, keberhasilan mengikuti ajang Paris Fashion Week menjadi prestasi tersendiri bagi UMKM Balikpapan. Penilaian dilakukan secara independen para juri tingkat nasional dan internasional. 

Para juri ini sangat tertarik dengan sentuhan anyaman dompet yang dibuat secara tradisional, unik dan memiliki ciri khas etnik Dayak.

“Jurinya kemarin langsung datang dari Paris dan baru melihat keunikan dompet kami, akhirnya dari seluruh Indonesia, hanya hasil UMKM Balikpapan yang terpilih lolos,” imbuhnya.

Baca Juga: Siapkan Tenaga Kerja IKN, Balikpapan Gandeng BLK dan Kampus

2. Dibawakan model Internasional

Kerajinan Dompet Manik-Manik Dayak Tembus Paris Fashion Week PrancisKerajinan Dompet Manik-Manik Dayak Kalimantan. (IDN Times/Hilmansyah)

Wati menyebutkan, dompet anyaman hiasan manik-manik khas Dayak merupakan asli kerajinan Kalimantan. Nantinya, produk dompet ini pun akan diperagakan oleh para model internasional top dunia. 

“Kerajinan kami ini akan dibawakan model dunia, satu orang model akan membawakan 2 hingga 3 dompet kerajinan kami saat berjalan di atas catwalk," paparnya. 

3. Bawa puluhan kerajinan khas Dayak

Kerajinan Dompet Manik-Manik Dayak Tembus Paris Fashion Week PrancisKerajinan Dompet Manik-Manik Dayak Kalimantan. (IDN Times/Hilmansyah)

Wati menambahkan, mulai saat ini ia terus mempersiapkan sejumlah dompet anyaman dengan hiasan manik-manik yang akan dibawa dalam pagelaran internasional di Paris, Prancis tersebut. Rencananya, akan terdapat puluhan dompet pelbagai jenis khas Dayak yang akan dibawa dalam ajang tersebut. 

“Jadi kemungkinan akan kita bawa puluhan dompet anyaman berhiaskan manik-manik tersebut dalam ajang Paris Fashion Week di Prancis nantinya,” tutupnya.  

Baca Juga: Pertamina Resmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Polri di Balikpapan 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya