Pandemik Meningkat, Balikpapan Siapkan Wisma Atlet sebagai Pilihan 

Kodam IV Mulawarman siapkan Dodikjur Rindam IV Mlw

Balikpapan, IDN Times - Satgas Penanganan COVID-19 Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menyiapkan wisma atlet sebagai alternatif isolasi mandiri (isoman) bagi warga terpapar virus. Wisma atlet berada di komplek Stadion Tenis Indoor di Jalan AsnawiArbain Balikpapan.

”Ini untuk alternatif bagi pasien isolasi mandiri. Kita siapkan saja mudah-mudahan tidak digunakan," kata Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Jumat (9/7/2021). 

1. Antispasi membludaknya rumah sakit dan tempat isolasi

Pandemik Meningkat, Balikpapan Siapkan Wisma Atlet sebagai Pilihan Wisma atlet di Stadion Tenis Indoor Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Rahmad mengatakan, wisma atlet Balikpapan merupakan bangunan dua lantai di mana terdapat 13 kamar masing-masing terdapat dua fasilitas tempat tidur. Wisma ini sebelumnya dipergunakan pemain Persiba Balikpapan.  

“Wisma ini ada dua lantai, Ada 13 kamar dengan masing-masing dua tempat tidur,” ujarnya.

Wisma atlet ini diperkirakan mampu menampung 20 hingga 30 pasien melakukan isolasi mandiri. Di dalamnya terdapat fasilitas petugas medis, obat-obatan, dan makanan minuman. 

“Di tempat ini akan dirawat bagi penderita COVID-19 kategori sedang, yang berat tetap di rawat di RS dan yang ringan atau OTG isolasi mandiri di rumah,” paparnya.

Baca Juga: PPKM Darurat, Seluruh Akses Kerumunan di Balikpapan Diblokir

2. Kodam IV Mulawarman siapkan Dodikjur Rindam IV Mulawarman

Pandemik Meningkat, Balikpapan Siapkan Wisma Atlet sebagai Pilihan Pemberian vaksinasi COVID-19 bagi pengajar di Balikpapan Kaltim, Selasa (2/3/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Kodam Mulawarman pun mendukung Balikpapan dalam melawan perkembangan pandemik COVID-19. Permasalahan saat ini soal lonjakan pasien terpapar virus di Balikpapan yang sudah menyentuh angka 2.348 kasus. 

Pangdam VI Mulawarman Mayjen Heri Wiranto pun menawarkan gedung Depo Pendidikan Kejuruan (Dodikjur) Rindam untuk dialihfungsikan sebagai lokasi isoman pasien COVID-19 di Balikpapan. Ia akan mempersiapkan gedung Dodikjur sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu keberadaannya dibutuhkan warga Balikpapan. 

“Peningkatan ini akan berdampak pada BOR rumah sakit, yang saat ini sudah 90 persen lebih, tadi sudah disiapkan wisma atlet dan beberapa hotel. Saya akan menyiapkan Dodikjur di Manggar Balikpapan Timur sebagai antisipasi," tuturnya. 

3. Dodikjur Rindam Mulawarman mampu tampung 200-300 orang

Pandemik Meningkat, Balikpapan Siapkan Wisma Atlet sebagai Pilihan Panglima Kodam Mulawarman Mayor Jenderal TNI Heri Wiranto. (IDN Times/Hilmansyah)

Bangunan Dodikjur Rindam Mulawarman mampu menampung sebanyak 200 hingga 300 pasien COVID-19.  

“Sehingga jika dalam sewaktu-waktu keadaan diperlukan, Dodikjur Rindam IV Mlw sudah siap,” paparnya.

Meskipun demikian, Heri meminta para pasien COVID-19 memiliki gejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG) sebaiknya melakukan perawatan secara mandiri di rumah masing-masing. Pemerintah akan menyuplai pasokan obat-obatan agar pasien bersangkutan proses kesembuhannya lebih cepat.

“Pasalnya, bagi mereka yang isoman juga mendapat perhatian khusus, termasuk obat-obatan yang memungkinkan untuk penyembuhan, jadi tidak semua orang harus ke rumah sakit,” tutupnya.

Baca Juga: COVID-19 Membuat Bandara Balikpapan Terhimpit Merosotnya Penumpang

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya