Pantai Segara Sari Manggar Dibanjiri 25 Ribu Pengunjung

Musim lebaran Lebaran Idul Fitri 2024

Balikpapan, IDN Times - Pengunjung Pantai Segara Sari Manggar di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) melonjak drastis selama liburan Lebaran Idul Fitri 2024. Ribuan wisatawan dari beberapa kota di Kaltim membanjiri destinasi wisata pantai kebanggaan Balikpapan. 

Mayoritas pengunjung merasa senang dengan kondisi pantai yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti MCK dan sarana lainnya. Salah satunya wisatawan asal Samarinda Irine Siska Rumondo yang menyatakan, Pantai Segara Sari Manggar menjadi destinasi utama pilihannya.  

"Karena lokasinya yang mudah dijangkau, nyaman, dan dekat dengan pusat kota. Perubahan yang sangat positif di pantai ini, terutama dengan fasilitas yang telah ditingkatkan," kata Irene, Sabtu (13/4/2024).

1. Pengunjung tembus 25 ribu orang

Pantai Segara Sari Manggar Dibanjiri 25 Ribu PengunjungKabid Pariwisata Disporapar Kota Balikpapan Natalia Banjarnahor, Sabtu (13/4/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Menurut Kabid Pariwisata Disporapar Kota Balikpapan Natalia Banjarnahor, hingga saat ini, jumlah kunjungan ke Pantai Segara Sari Manggar diperkirakan mencapai 25 ribu orang mulai dari Rabu hingga Sabtu. Diperkirakan jumlah ini akan terus bertambah menjelang puncak liburan pada hari Minggu.

Natalia menambahkan bahwa untuk menjamin keamanan, pihaknya berkolaborasi dengan Polri, TNI, DKK, dan Basarnas. Selain itu, fasilitas toilet portabel telah disiapkan, dan parkiran telah disediakan di berbagai titik. 

Dia juga menyebutkan bahwa jumlah kunjungan ke Pantai Segara Sari Manggar Balikpapan Timur tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, karena pada tahun 2023 beberapa titik pantai Manggar telah diperbaiki untuk mencegah abrasi.

Baca Juga: Rekomendasi Bengkel Motor Terbaik di Kota Balikpapan

2. Tiga posko pengamanan di Pantai Segara Sari Manggar

Pantai Segara Sari Manggar Dibanjiri 25 Ribu PengunjungPengunjung Pantai Segara Sari Manggar di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) melonjak drastis selama liburan Lebaran Idul Fitri 2024, Sabtu (13/4/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Untuk memastikan keamanan pengunjung, tiga posko telah didirikan di sekitar Pantai Segara Sari Manggar Balikpapan selama libur Lebaran tahun 2024 ini.

"Konsep pengamanan pantai Manggar selama libur Lebaran tahun 2024 masih sama seperti tahun sebelumnya. Tim pengamanan terpadu melibatkan berbagai instansi, organisasi perangkat daerah terkait, kelompok sadar wisata, dan relawan," ungkap Kepala UPT Pantai Segara Sari Manggar, Yusdi Linting.

Dia juga menambahkan bahwa tim dari Basarnas selalu siap di lapangan untuk melakukan pengawasan, dan saat ini sedang dilakukan penilaian untuk keselamatan pengunjung di tempat wisata pantai Manggar, khususnya di area pantai.

3. Tanda batas pengamanan sudah dipasang

Pantai Segara Sari Manggar Dibanjiri 25 Ribu PengunjungPengunjung Pantai Segara Sari Manggar di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) melonjak drastis selama liburan Lebaran Idul Fitri 2024, Sabtu (13/4/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Tanda bendera pembatas telah dipasang untuk menandai daerah yang aman untuk berenang, dengan tim pengamanan yang akan menegur pengunjung yang melewati batas tersebut.

"Kami juga terus mengingatkan pengunjung setiap lima menit untuk menjaga anak-anak mereka agar tidak terpisah dari keluarga. Jika ada laporan tentang keluarga yang terpisah, kami akan mengumumkannya di tempat informasi yang tersedia di pantai Manggar," kata Yusdi.

Dia juga mengimbau pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan dan mematuhi peraturan, terutama bagi pengendara kendaraan bermotor. Hingga saat ini, kondisi di pantai tersebut masih terkendali, dan masyarakat diharapkan dapat mengikuti semua imbauan yang telah disampaikan.

Baca Juga: Penumpang Penyeberangan Feri Rute PPU-Balikpapan Turun selama Lebaran

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya